HUT Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini ditutup selama dua hari

Sabtu, 10 November 2018 | 10:49 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
HUT Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini ditutup selama dua hari

ILUSTRASI.


DKI JAKARTA - JAKARTA. Jalan Cikini Raya akan ditutup pada Sabtu (10/11) dan Minggu (11/11) karena adanya perayaan ulang tahun ke-50 Taman Ismail Marzuki ( TIM) pada dua hari tersebut. Jalan ditutup mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB karena kirab budaya hingga bazaar akan digelar di Jalan Cikini Raya.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Harlem Simanjuntak menyatakan, Jalan Cikini Raya tidak ditutup sepenuhnya. Ia menyebut, bus pengumpan transjakarta, kendaraan tamu undangan, dan tamu hotel yang menuju kawasan TIM tetap bisa melintasi jalan tersebut.

"Jalan yang ditutup tidak permanen itu hanya 800 meter. Kan harusnya ada tiga jalur yang bisa dilewati, saat penutupan hanya satu jalur yang dibuka untuk kendaraan sedangkan dua jalur lainnya dipakai untuk kegiatan," kata Harlem di TIM, Jakarta Pusat, Senin (5/11).

Untuk kendaraan umum dari arah Jalan Menteng Raya menuju Jalan Cikini Raya, sementara akan dialihkan ke jalan alternatif dengan rute sebagai berikut:

1. Jalan Menteng Raya-Jalan AA Kali Pasir-Jalan Inspeksi Kali Ciliwung-Jalan Raden Saleh-dan seterusnya

2. Jalan Menteng Raya-Jalan Cut Mutia-Jalan Tengku Umar-Jalan Diponegoro-dan seterusnya

3. Jalan Menteng Raya-Jalan Cut Mutia-Jalan Cut Nyak Dien-Jalan RP Soeroso-Jalan Cikini

4. Jalan Cikini Raya (depan SMPN 1 Jakarta)-dan seterusnya.

Namun, pada Sabtu sore pukul 15.30 WIB hingga 16.30 WIB Jalan Cikini Raya akan ditutup total karena adanya kirab budaya dari Museum Joang 45 di Jalan Menteng Raya menuju TIM. Nantinya, lanjut Harlem, semua kendaraan akan dialihkan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan selama acara kirab budaya berlangsung.

"Penutupan mulai dari kawasan Tugu Tani. Arus lalu lintas dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan. Jalan akan dibuka kembali untuk kendaraan yang akan menuju TIM setelah kirab selesai," kata Harlem.

Seperti diketahui, pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ TIM) akan menggelar acara peringatan ulang tahun ke-50 TIM dengan tema "Seni Bersama, Bersama Seni" mulai 7-11 November 2018 di kawasan TIM, Menteng, Jakarta Pusat.

Acara ini bisa dinikmati gratis oleh masyarakat. Acara akan dibagi dalam dua sesi yakni pre-event yang dilaksanakan mulai 7-9 November, sementara puncak pagelaran dilaksanakan pada 10-11 November. (Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sabtu-Minggu, Jalan Cikini Ditutup untuk Perayaan HUT Taman Ismail Marzuki", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/10/09071311/sabtu-minggu-jalan-cikini-ditutup-untuk-perayaan-hut-taman-ismail-marzuki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru