Ini skema rekayasa lalu lintas jika jalan tol Japek macet saat lebaran

Selasa, 28 Mei 2019 | 15:50 WIB Sumber: Kompas.com
Ini skema rekayasa lalu lintas jika jalan tol Japek macet saat lebaran


Mudik Lebaran - KARAWANG. Polres Karawang menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan di tol Jakarta-Cikampek di wilayah Kabupaten Karawang. Panjang tol yang melintasi kabupaten berjuluk Kota Pangkal Perjuangan tersebut yakni sepanjang 28 kilometer. 

"Kami siapkan sejumlah rekayasa lalu lintas jika kemacetan terjadi di tol Jakarta-Cikampek, diantaranya kendaraan dikeluarkan melalui gerbang tol Karawang Barat dan pengalihan ke jalur arteri melalui gerbang tol Karawang Timur, serta gerbang tol Kalihurip," ujar Kasat Lantas Polres Karawang AKP Bariu Bawana kepada Kompas.com, Selasa (28/5).

Berikut penjelasannya:  

Pengalihan Arus melalui GT Karawang Barat 

Jika terjadi kemacetan di kilometer 70 hingga kilometer 56, akan dilakukan pengaturan titik rawan macet di jalur arteri guna persiapan pengalihan arus. Kemudian mengalihkan arus dengan mengeluarkan kendaraan di GT Karawang Timur menuju Interchange Karawang Timur, Kosambi hingga Dawuan. 

"Untuk kendaraan yang akan ke Cipali melalui GT Cikampek untuk meneruskan menuju tol Cipali. Sementara kendaraan menuju Bandung, apabila sedang dilakukan pengalihan arus, maka dimasukkan kembali ke GT Kalihurip 2 menuju Cipularang," katanya. 

Pengalihan arus melalui GT Karawang Barat 

Jika terjadi kemacetan di GT kilometer 70 sampai kilometer 41, maka kendaraan akan dialihkan ke jalan arteri melalui GT Karawang Barat menuju Tanjungpura, Pantura hingga Dawuan. Kendaraan yang menuju Cipali melalui GT Cikampek untuk meneruskan melalui tol Cipali. 

"Sementara kendaraan yang menuju Bandung, apabila tengah dilakukan pengalihan arus maka dimasukkan kembali melalui GT Kalihurip 2 menuju Cipularang," katanya. 

Pengalihan arus GT Kalihurip 

Jika terjadi terjadi kemacetan di kilometer 70 dan ekornya sampai kilometer 40, maka arus di kelurkan melalui GT Kalihurip menuju Dawuan, Cikampek, dan kembali masuk melalui GT Cikampek. Ini untuk mengurangi antrean di GT kilometer 70. 

Jika Cipali padat, maka arus kendaraan dikeluarkan di GT Kalihurip 1 dan diarahkan ke GT Kalihurip 2 untuk kemudian dialihkan menuju jalur tengah melalui Cipularang menuju GT Sadang. (Farida Farhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini 3 Skema Rekayasa Lalu Lintas Jika Tol Japek Macet"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru