Jakarta bakal punya lima gedung pencakar langit baru tahun ini, apa saja?

Jumat, 17 Januari 2020 | 14:46 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Jakarta bakal punya lima gedung pencakar langit baru tahun ini, apa saja?


PROPERTI - JAKARTA. Proyek-proyek gedung tinggi terus bertambah. Hingga saat ini rekor gedung tertinggi di Indonesia masih dipegang oleh Gama Tower yang dibangun setinggi 285,5 meter. Bangunan tersebut terdiri dari 64 lantai yang juga dikenal sebagai Menara Rasuna atau Cemindo Tower.

Gama Tower berada di Jalan HR. Rasuna Said Kavling C22. Selain Gama Tower, Indonesia, terutama Jakarta juga akan diramaikan dengan rampungnya beberapa proyek lain.

Baca Juga: Gedung pencakar langit bernama E-Polis Rasuna segera dibangun, kantor Pertamina?

Melansir laman Skyscraper Center, sebanyak lima gedung dengan ketinggian di atas 200 meter akan selesai dibangun pada tahun ini. Dari jumlah tersebut, empat bangunan di antaranya dirancang setinggi lebih dari 300 meter. Gedung-gedung yang diprediksi rampung pada tahun ini sebagai berikut:

1. Thamrin Nine Tower 1

Bangunan ini dikembangkan oleh oleh PT Putragaya Wahana dalam kompleks Thamrin Nine seluas 5,2 hektare. Menurut data Skyscraper Center, gedung ini mencakup 70 lantai dengan ketinggian 333,5 meter.

Thamrin Nine Tower 1 rencananya akan difungsikan sebagai Waldorf Astoria Hotels and Resorts dengan 181 kamar dan perkantoran. 

Kelak jika rampung konstruksinya, gedung ini akan merebut rekor bangunan tertinggi di Indonesia yang saat ini masih tersemat pada Gama Tower.

2. Indonesia-1 North Tower

Gedung yang dikembangkan China Sonangol International ini dirancang oleh Mercurio Design Lab dengan tinggi 303 meter dan meliputi 64 lantai. Indonesia-1 North Tower akan difungsikan sebagai bangunan apartemen dan perkantoran.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru