Jakarta PSBB total, bagaimana dengan Bogor, Depok, dan Bekasi?

Jumat, 11 September 2020 | 17:12 WIB Sumber: Kompas.com
Jakarta PSBB total, bagaimana dengan Bogor, Depok, dan Bekasi?

ILUSTRASI. PSBB Jakarta akan berdampak terhadap sebagian wilayah Jawa Barat seperti Bogor, Depok dan Bekasi.


PSBB - BANDUNG. DKI Jakarta akan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total. Kebijakan itu pun akan berdampak terhadap sebagian wilayah Jawa Barat seperti Bogor, Depok dan Bekasi, yang selama ini kebijakannya berjalan seirama dengan DKI Jakarta dalam penanganan Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengkaji sejauh mana dampak yang ditimbulkan dari PSBB Jakarta terhadap Jabar. "Kami akan mengkaji karena Bodebek ini kan statusnya masih PSBB, jadi tidak ada yang perlu saya cabut, yang ada adalah di mana wali kota dan bupati menerjemahkan status PSBB yang tidak perlu diperbarui lagi tapi diterjemahkan dengan pengetatan, misalnya jalur lalu lintas orang yang kerja di Jakarta dan sebagainya," ujar Emil, sapaan akrabnya, di gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Jumat (11/9).

Dari hasil rapat koordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Kamis kemarin, Emil menyebut belum ada keputusan final soal teknis PSBB Jakarta. Karena itu, dia belum bisa memberikan keterangan lebih rinci soal sikap Jabar terhadap PSBB Jakarta, termasuk pembatasan aktivitas warga dari dan ke Jakarta.

Baca Juga: Aprindo minta mal dan toko ritel modern tetap beroperasi saat PSBB jilid II di DKI

"Itu terlalu teknis karena kan keputusannya masih belum klir. Jadi kemarin itu kesepakatannya Pak Anies akan konsultasi lagi ke pusat, setelah itu kita akan rapat lagi untuk mengambil keputusan, jadi belum ada keputusan," ungkap dia.

Ada pun untuk wilayah lainnya, Emil menyebut belum ada rekomendasi apa pun. Hanya Kota Bandung saja yang mengalami grafik peningkatan kasus Covid-19. "Makanya hitungan dua minggu terakhir hampir 70% itu Bodebek ya, hanya Kota Bandung saja yang memang agak tarik (naik), tapi (daerah) yang lainnya enggak," jelas Emil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jakarta Bakal PSBB Total, Bagaimana Dengan Bogor, Depok dan Bekasi?
Penulis: Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor: Farid Assifa

Baca Juga: Jadwal perjalanan kereta dan KRL saat DKI Jakarta terapkan PSBB total

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru