Jalan tol layang Cikampek sempat macet Sabtu siang, ini penjelasannya

Sabtu, 21 Desember 2019 | 16:21 WIB Sumber: Kompas.com
Jalan tol layang Cikampek sempat macet Sabtu siang, ini penjelasannya


LALU LINTAS - JAKARTA. Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan, kemacetan di ruas Tol Layang (Elevated) Jakarta-Cikampek tadi siang disebabkan ada kendaraan yang overheat

"Kejadiannya sekitar jam 11.30 WIB. Minibus overheat dia di jalur kanan mencoba menepi ke bahu jalan," kata Fahri kepada Kompas.com, Sabtu (21/12). 

Baca Juga: Hati-hati ada 6 titik rawan kecelakaan di jalan tol trans Jawa, ini rinciannya

"Otomatis karena posisi kendaraan itu mencoba menepi, jadi yang belakang belakangnya itu akan ikut terhambat," imbuhnya. 

Kejadian itu ada di KM 22-23 ruas Tol Layang arah Cikampek. Fahri mengklaim, evakuasi kendaraan overheat itu ke bahu jalan tak memakan waktu sampai satu jam. Ia menyebut, kemacetan mulai terjadi pada KM 18. Namun, Fahri menampik bila terjadi kemacetan total. 

Di KM 20-21, kata dia, kendaraan masih bisa melaju sekitar 20 km/jam. "Kendaraan masih bisa jalan, cuma ramai saja. Kan karena sejak pagi itu orang banyak yang mau coba tol elevated ini," kaya Fahri.

Baca Juga: Jelang libur Natal dan tahun baru 50.000 kendaraan lintasi jalan tol Cikampek Utama

Polisi sempat menutup akses menuju Tol Layang arah Cikampek ketika kemacetan itu mengular. Fahri menegaskan, hal itu bukan karena kemacetan mengular hingga ramp on Tol Layang, namun untuk mengurangi volume kendaraan sesaat. "Kami alihkan agar kendaraan lewat bawah supaya tidak makin menambah hambatan di atas," kata dia. 

"Sebentar kok buka-tutupnya. Enggak sampai pukul 14.00 WIB sudah kita buka lagi untuk naik ke atas," tutup Fahri. 

Dikonfirmasi terpisah, General Manager Traffic PT Jasa Marga Tol Layang, Aprimon membenarkan hal ini. Namun ia enggan merinci sebab dan penanganannya. "Betul tadi kami memakai skema buka-tutup. Sekarang arus kendaraan di atas (tol layang) sudah cair, sejak sekitar 30 menit yang lalu," kata Aprimon ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu. 

Baca Juga: Harga emas Antam naik, bagaimana potensi untung rugi bagi yang sudah beli?

Sebelumnya diberitakan, kemacetan panjang sempat terjadi selama lebih dari 2 jam di Tol Layang Jakarta-Cikampek arah timur pada Sabtu (21/12) tengah hari. Sebagian pengendara melaporkan hal itu melalui media sosial. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi: Macet Tol Layang Cikampek Tadi Siang karena Ada Mobil Overheat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru