Jalan tol layang Jakarta-Cikampek II akan dilakukan uji beban menggunakan 16 truk

Jumat, 20 September 2019 | 13:59 WIB   Reporter: Handoyo
Jalan tol layang Jakarta-Cikampek II akan dilakukan uji beban menggunakan 16 truk

ILUSTRASI. Waskita Karya Tbk (WSKT) pastikan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated


JALAN TOL - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II akan beroperasi pada akhir November 2019 sehingga bisa turut memperlancar arus mudik Natal dan tahun baru 2020.

Progres konstruksi tol sepanjang 36,4 Km tersebut saat ini sudah mencapai 96,5%.

"Ini merupakan pekerjaan besar. Ada sekitar 9.000 tiang pancang yang dibuat dalam pembangunan tol ini. Tol Layang Japek II juga akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia, karena semuanya elevated. Tol ini juga diawasi oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ). Pada 23 September 2019 akan dimulai uji beban sehingga kita rencanakan pada November 2019, In sya Allah bisa operasional," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis (19/9).

Baca Juga: Asyik, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Rampung Akhir Bulan Ini

Sebelum dioperasikan akan dilakukan uji beban dengan menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton terdiri dari uji statis dan dinamis. Menteri Basuki mengatakan selesainya tol ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat. 

Presiden Joko Widodo juga menaruh perhatian besar terhadap penyelesaian ruas tol ini karena akan menunjang kelancaran mobilitas angkutan logistik dari Pelabuhan Tanjung Priok ke kawasan industri di Cikarang, Karawang dan Cibitung maupun ke arah Bandung dan Tol Trans Jawa. 

Adanya Tol Layang Japek II akan menambah kapasitas Tol Japek yang ada di bawahnya serta memisahkan antara arus lalu lintas (lalin) jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh. Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh menggunakan Tol Layang Japek II. 

Baca Juga: Proyek Tol Jakarta Cikampek II Elevated sempat terhambat gara-gara sutet

Editor: Handoyo .

Terbaru