Jawa Barat terapkan skenario new normal mulai 1 Juni 2020

Kamis, 28 Mei 2020 | 20:08 WIB   Reporter: Rahma Anjaeni
Jawa Barat terapkan skenario new normal mulai 1 Juni 2020

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (kanan) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) meninjau salah satu pusat perbelanjaan, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/202


VIRUS CORONA - JAKARTA. Mulai Senin (1/6) mendatang, Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan mulai beradaptasi dan masuk ke dalam tatanan normal baru (new normal). Untuk itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar mulai merancang dan menyosialisasikan fase new normal ini kepada masyarakat.

Sesuai dengan arahan pemerintah pusat, Jabar menjadi salah satu provinsi yang bersiap memasuki fase new normal. Selain Jabar, masih ada 3 provinsi dan 25 kabupaten/kota lain yang akan memasuki tatanan new normal. Adapun ketiga provinsi lain tersebut yaitu DKI Jakarta, Sumatra Barat, serta Gorontalo.

Baca Juga: Mal di Bekasi diizinkan beroperasi lagi, begini respons Ridwan Kamil

“Kita akan mulai adaptasi dengan tatanan normal baru kurang lebih di hari Senin (1/6). Jadi dari hari Rabu sampai Minggu ini kita melakukan sosialiasi. Nanti di hari kerja atau hari Senin kita sudah mulai,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di dalam keterangan tertulis, Kamis (28/5).

Kang Emil mengajak semua pihak, termasuk media massa, untuk turut menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait dengan fase new normal di Jabar. Menurutnya, dengan sosialisasi yang komprehensif maka pengendalian Covid-19 dan fase new normal dapat berjalan dengan optimal.

Menurut Kang Emil, penunjukan Jabar untuk memasuki fase new normal ini dikarenakan Jabar dinilai mampu mengendalikan wabah Covid-19 dengan baik. Hal tersebut, terlihat dari angka reproduksi (Rt) penyebaran Covid-19 yang menyentuh angka 1,09.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru