Jembatan senilai Rp 1,2 miliar ambruk, padahal baru dibangun tahun 2019

Selasa, 25 Februari 2020 | 09:24 WIB   Reporter: Handoyo
Jembatan senilai Rp 1,2 miliar ambruk, padahal baru dibangun tahun 2019

ILUSTRASI. Jembatan ambruk di Boyolali


INFRASTRUKTUR DAERAH - BOYOLALI. Jembatan penghubung Dusun Pusung-Sidodadi Desa Banaran, Kecamatan Boyolali Kota, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (24/2) sekitar pukul 06.15 WIB, ambruk. Ambruknya jembatan yang dibangun tahun 2019 dengan nilai anggaran bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp 1,2 miliar disebabkan faktor cuaca. 

Sebelum jembatan itu ambruk ditemukan ada retakan pada bangunan tiang bagian atas. "Pada hari Selasa (18/2) ada retakan pada jembatan. Jadi bukan strukturnya. Sehingga air masuk dari situ (retakan)," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Boyolali Arief Gunarto saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (25/2). 

Baca Juga: BMKG: Hari ini hujan deras tetap berpeluang turun di Jabodetabek

Mengetahui ada retakan, Arief meminta kepada pihak rekanan untuk segera menutup retakan jembatan agar tidak melebar. Jembatan ini memiliki panjang 16 meter dan lebar 5 meter. "Sudah kita peringatkan untuk diperbaiki. Terus kemudian hujan selama tiga hari, Rabu, Kamis sampai Jumat malam membuat jembatan ambruk," terang dia. 

Arief mengatakan, ia telah meminta kepada pihak rekanan untuk memperbaiki ambruknya jembatan itu karena masih dalam masa pemeliharaan. Dengan demikian, perbaikan masih menjadi tanggung jawab rekanan. 

Baca Juga: Banjir, ini jalan-jalan di Jakarta yang tidak bisa dilintasi kendaraan pagi ini

Pihaknya berharap mulai hari ini perbaikan jembatan Pusung-Sidodadi sudah mulai dilakukan. Sehingga, dua bulan ke depan perbaikan jembatan ini bisa selesai dan bisa dipergunakan sebagai akses masyarakat sekitar. "Dulunya adalah jalan buntu. Karena terdekat menuju dusun itu (Pusung-Sidodadi) maka kita buat jembatan penghubung di situ," ungkap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Baru Dibangun 2019, Jembatan Senilai Rp 1,2 Miliar Ambruk"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru