Jokowi: Bendung Kamijoro sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan

Selasa, 31 Desember 2019 | 13:48 WIB   Reporter: Handoyo
Jokowi: Bendung Kamijoro sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo . ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.


JOKOWI - YOGYAKARTA.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa syukurnya Bendung Kamijoro yang dibangun sejak tahun 2016 sudah selesai dan segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 

“Bendung Kamijoro yang dibangun di aliran Sungai Progo sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan, karena memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat, memberi manfaat irigasi seluas 2370 hektare lahan pertanian, dan meningkatkan intensitas tanam dari 205% menjadi 270%,” kata Presiden Jokowi, Selasa (31/12) dikutip dari laman setkab.go.id.

Baca Juga: Penerimaan pajak baru 80,29% per 26 Desember, begini trennya dalam dua tahun terakhir

Presiden menambahkan, Bendung Kamijoro itu juga sangat bermanfaat untuk ketersediaan air baku, baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta, juga untuk Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan juga nantinya bisa juga sampai ke Kota Yogyakarta. 

“Saya tadi memperhatikan, sepintas Bendung Kamijoro ini sangat indah, ada taman bermain, ada plasa terbuka, dan saya tahu ini sudah jadi tempat tujuan wisata,” ucap Presiden. 

Baca Juga: Pemerintah terbitkan Perpres Tax Treaty, ini plus minusnya menurut pengamat

Selain itu, lanjut Presiden, ada jembatan yang bagus, yang menghubungkan Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo. “Ini juga bisa irit waktu, bisa lebih cepat karena memotong jarak kurang lebih lima kilo meter,” ujarnya. 

Karena itu, Presiden Jokowi berharap masyarakat dapat memanfaatkan Bendung Kamijoro ini dengan sebaik-baiknya. “Petani bisa lebih sejahtera. Usaha kecil juga bisa tumbuh di kanan kiri bendung ini. Dan kita harapkan, pendapatan masyarakat meningkat karena banyak wisatawan yang datang ke sini,” tutur Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru