Jokowi optimistis kemacetan berkurang 30% pasca resmikan tol layang Jakarta-Cikampek

Kamis, 12 Desember 2019 | 15:19 WIB   Reporter: Abdul Basith
Jokowi optimistis kemacetan berkurang 30% pasca resmikan tol layang Jakarta-Cikampek

Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek elevated), Kamis (12/12).


JALAN TOL - BEKASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek elevated). Tol Japek elevated dibuat di atas jalan tol Japek yang sudah ada. Nantinya Japek elevated diharapkan dapat mengurai kemacetan yang ada.

"Dan kita harapkan dengan di bukanya jalan ini, betul-betul kemacetan bisa terkurangi dengan baik. Hitung-hitungan bisa kurang 30%," ujar Jokowi saat meresmikan tol Japek elevated di KM 38, Kamis (12/12). 

Baca Juga: Jokowi menargetkan ekspor otomotif mencapai 1 juta unit pada 2024

Jokowi bilang selama ini banyak mendapat keluhan terkait kemacetan di tol Japek. Kemacetan bisa dirasakan pengguna selama berjam-jam. "Kita harapkan dengan selesainya Japek elevated ini, persoalan itu sudah tidak kita dengar lagi," terang Jokowi.

Tol Japek elevated akan dioperasikan oleh konsorsium PT Jasamarga (Persero) Tbk. dengan PT Ranggi Sugiron Perkasa. Total investasi tol tersebut mencapai Rp 16,23 triliun.

Tol tersebut akan digratiskan selama masa liburan tahun baru. Meski begitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum memutuskan tarif tol tersebut.

Baca Juga: Larangan ekspor nikel digugat Uni Eropa di WTO, Jokowi: Ya hadapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru