Jumlah kasus OTG corona di Jakarta capai 45%, Tower 8 Wisma Atlet siap digunakan

Senin, 28 September 2020 | 14:21 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Jumlah kasus OTG corona di Jakarta capai 45%, Tower 8 Wisma Atlet siap digunakan

ILUSTRASI. Suasana ruangan Tower 4 RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Minggu (20/9/2020). Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyiapkan tower 4 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang hendak melakukan isolasi ma


VIRUS CORONA - JAKARTA. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Fify Mulyani menuturkan bahwa tercatat hingga Minggu (27/9) kemarin ada 110 kasus pertambahan infeksi virus Corona (Covid-19). Dimana tingkat kesembuhan disebut Fify capai 79% dan tingkat kematian 2,4%. 

Adapun persentase jumlah pasien tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG) di DKI Jakarta ialah 45%. Kemudian 55% sisanya ialah 40% pasien dengan gejala sedang dan 15% pasien dengan gejala berat dan kritis.

"Tren secara rata-rata angka untuk OTG itu 45%, jadi ini yang mungkin jadi PR (pekerjaan rumah) kita. Kemudian 55% itu 40% sedang, 15% berat dan kritis," jelas Fify saat diskusi virtual yang digelar BNPB pada Senin (28/9).

Baca Juga: Jokowi minta penanganan Covid-19 mengacu standar

Menyikapi adanya pasien OTG yang cukup tinggi, Koordinator RSD Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Tugas Ratmono menyebut rencananya paling lambat besok pagi tower 8 Wisma Atlet di Pademangan akan mulai dapat digunakan. Tugas mengungkapkan tower 8 saat ini sudah ada ditahap finalisasi persiapan untuk pasien isolasi mandiri.

"Hari ini diharapkan bisa selesai tower 8 paling lama besok pagi. Kita sudah lihat pagi tadi dan arahkan finalisasi semua kebutuhan kelengkapan kemudian dekontaminasi kemudian petugas sudah pakai APD. Kita finalisasi dalam pelaksanaan agar semua sistem berjalan dengan baik termasuk penerimaan, paling tidak besok pagi sudah bisa dipakai," kata Tugas.

Tugas menyebut kini tingkat hunian di RS darurat Wisama Atlet untuk tower 4 sudah capai 90%, tower 5 capai 39% tingkat hunian, tower 6 dan 7 juga sudah capai 90% hunian.

Baca Juga: Bank Permata sebut sekitar 4% dari 2.000 karyawan mereka positif corona

"Hari ke hari masih meningkat tapi kita sesuai dengan protokol, ada yang pulang ada yang masuk. Sebenarnya ini masih bisa menampung, tapi kita harus betul-betul persiapkan supaya nanti bisa menampung untuk isolasi mandiri. Maka kita ada kawasan wisma atlet lagi yang di Pademangan tower 8 kita akan fungsikan persiapkan ini masih di finalisasi penyiapan flat isolasi mandiri," jelasnya.

 

 

Selanjutnya: Tenaga medis jadi prioritas, bagaimana vaksin corona bagi kalangan korporat?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru