Kabar warga China terinfeksi, Dinkes Bali: Tidak ada kasus positif virus corona

Kamis, 13 Februari 2020 | 16:58 WIB   Reporter: kompas.com
Kabar warga China terinfeksi, Dinkes Bali: Tidak ada kasus positif virus corona

ILUSTRASI. Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020).


VIRUS CORONA - DENPASAR. Seorang warga negara China yang mengunjungi Bali disebut-sebut terinfeksi virus corona baru. Tapi, Dinas Kesehatan Provinsi Bali memastikan, tidak ada kasus positif COVID-19 di wilayahnya.

"Di Bali tidak ada kasus positif (virus corona baru). Tidak mungkin (warga negara China itu) terkena di Bali," tegas Kepala Dinas Kesehatan Bali I Ketut Suarjaya kepada Kompas.com, Kamis (13/2).

Ketut bilang, masa inkubasi virus corona berlangsung antara 3-7 hari, bahkan bisa sampai 14 hari. Meski begitu, Dinas Kesehatan Bali melakukan upaya pelacakan kontak warga negara China tersebut.

Baca Juga: Ada warganya terjangkit virus corona sempat di Bali, begini respons Konjen China

Tujuannya, guna mengetahui tempat-tempat mana saja yang dia singgahi di Bali. "Sekarang kami masih melakukan contact tracing untuk melacak ke mana saja yang bersangkutan selama di Bali," kata Ketut.

Mengutip The Jakarta Post, Pemerintah Provinsi Anhui, China, mengumumkan melalui akun resmi di Weibo pada 6 Februari: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Huainan melaporkan pada 5 Februari ada seorang pasien terkonfirmasi COVID-19 terbang dengan Lion Air JT2618 dari Wuhan ke Bali pada 22 Januari.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru