Kapal Vietnam ditangkap di Nunukan

Minggu, 22 April 2018 | 15:44 WIB Sumber: Kompas.com
Kapal Vietnam ditangkap di Nunukan

ILUSTRASI. Kapal Vietnam Tertangkap Curi Ikan


PEMBERANTASAN ILEGAL FISHING - NUNUKAN.  Kapal berbendera asing yang beraktivitas ilegal di perairan Indonesia kembali di tangkap. Kali ini, TNI AL mengamankan satu unit kapal berbendera Negara Vietnam di wilayah perairan perbatasan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Komandan Pangkalan TNI AL di Kabupaten Nunukan Letkol Laut (P) Machri Moko mengatakan, kapal berbendera Vietnam teridentifikasi akan bongkar muat di tengah laut.

Kapal bernama Dong Thien Phu Golden itu memuat 2.900 ton beras dengan tujuan ke negara Malaysia. “Teridentivikasi oleh KRI Untung Suropati di periran Sebatik Rabu (18/4) kemarin, akan melakukan bongkar muat di tengah laut,” ujar Machri, Minggu (22/4/2018).

Kegiatan kapal di tengah perairan perbatasan Sebatik membuat TNI AL menaruh kecurigaan adanya barang terlarang yang dibawa kapal. Kapal tersebut kemudian ditarik ke pelabuhan Tunontaka Nunukan untuk dilakukan pemeriksaan.

Untuk melakukan pemeriksaan, TNI AL melibatkan BNN, Bea Cukai Nunukan, KSOP, Satreskoba Polres Nunukan, Unit K9 Polres Nunukan dan Balai Karantina Kabupaten Nunukan. “Sebenarnya kalau kemarin sandar itu tidak ada masalah. Masalahnya kenapa lego jangkar kemudian ada indikasi mau bongkar ditengah laut,” imbuhnya.

Selain kapal berdendera Negara Vietnam, TNI AL Nunukan juga menahan empat kapal kayu dari negara Filipina yang berukuran lebih kecil. Empat kapal tersebut juga teridikasi akan bongkar muat di tengah laut.

“Yang 4 kapal kayu dari Filipina kita amankan di Mako Lanal Nunukan,” ucap Machri. (Kontributor Nunukan, Sukoco)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TNI AL Amankan Kapal Berbendera Vietnam di Perairan Nunukan", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru