Kasus corona nyaris tak terkendali, Bupati Banyumas minta warga pakai masker di rumah

Jumat, 20 November 2020 | 08:11 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus corona nyaris tak terkendali, Bupati Banyumas minta warga pakai masker di rumah

ILUSTRASI. Ilustrasi: Penyebaran virus corona ( Covid-19) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, disebut-sebut nyaris tidak terkendali saat ini. KONTAN/Fransiskus Simbolon


VIRUS CORONA - PURWOKERTO. Penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, disebut-sebut nyaris tidak terkendali saat ini. Bupati Banyumas Achmad Husein memaparkan, angka positivity rate di Banyumas lebih dari 5% dan reproduksi efektif di atas angka satu. 

"Setiap hari yang positif selalu bertambah di atas 10 orang, yang meninggal juga terus bertambah dan saat ini total ada 37 orang," kata Husein dalam keterangan resmi yang dikutip, Kamis (19/11/2020). "Oleh sebab itu dapat saya katakan kondisi Covid-19 di Banyumas nyaris sudah tidak terkendali," lanjut Husein. 

Namun Husein menyatakan, pemkab akan berusaha keras untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Berkaca pada kasus yang terjadi, Husein meminta masyarakat untuk selalu mengenakan masker, sekalipun sedang berada di rumah. 

"Saya mohon memakai masker, baik di dalam atau di luar rumah. Tidak memakai masker kecuali di dalam kamar sendiri, atau merasa sangat aman," ujar Husein. 

Baca Juga: Ganjar menyebut ada kepala daerah sengaja tak tes covid-19 agar tetap di zona hijau

Warga juga diminta selalu mengenakan masker ketika sedang berbicara dengan lansia atau orang yang memiliki penyakit pemberat atau komorbid. "Pakai masker yang baik itu menutup mulut dan hidung. Jangan hanya dikalungkan saja," tegas Husein. 

Berdasarkan data di laman covid19.banyumaskab.go.id total kasus positif Covid-19 mencapai 1.046. Rinciannya, 795 orang sembuh, 127 orang dirawat di rumah sakit, 92 orang isolasi mandiri, 13 orang isolasi khusus dan 37 orang meninggal dunia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Covid-19 Nyaris Tak Terkendali, Bupati Banyumas Minta Warga Pakai Masker di Dalam Rumah"
Penulis : Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain
Editor : Khairina

Selanjutnya: Jumlah kasus baru Covid-19 pada Kamis (19/11) bertambah 4.798 kasus

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru