Kebakaran hutan lereng Gunung Slamet di Brebes meluas ke Banyumas

Jumat, 20 September 2019 | 07:06 WIB Sumber: Kompas.com
Kebakaran hutan lereng Gunung Slamet di Brebes meluas ke Banyumas

ILUSTRASI. Pemadaman kebakaran lahan


KEBAKARAN - PURWOKERTO. Kebakaran hutan lereng Gunung Slamet di Kabupaten Brebes sejak Selasa (17/9) lalu meluas ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Juru Bicara Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, Sugito mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan, Kamis (19/9), titik asap telah mencapai Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

"Titik asap berada di petak 58D-10 hutan lindung vegetasi rimba Alam dengan koordinat 7°09’22,38” LS dan 109°11’09,86” BT," kata Sugito melalui keterangan tertulis, Jumat (20/9).

Namun Sugito mengatakan belum dapat memastikan luas area hutan yang terbakar. Pihaknya juga belum dapat memastikan jumlah kerugian akibat kebakaran.

Baca Juga: Tahun ini tidak ada perayaan HUT Kemerdekaan RI di puncak Gunung Slamet

Sugito mengatakan, titik asap kali pertama terpantau di jalur pendakian Gunung Slamet via Kaliwadas, Kabupaten Brebes, Selasa. Kawasan tersebut masuk pengelolaan Perhutani KPH Pekalongan Barat. "Pada hari Selasa antara pukul 14.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB, terpantau titik asap pada pos 2 dan 3 jalur pendakian Gunung Slamet melalui Kaliwadas," ujar Sugito.

Berdasarkan hasil pemantauan pada Rabu (18/9), terdapat lima titik api di kawasan hutan lereng barat Gunung Slamet. "Empat titik api di wilayah KPH Pekalongan Barat dengan jarak 5 kilometer dari pos pemunduran ke arah utara dan satu titik api berada jalur pendakian Kaliwadas dengan jarak tiga punggungan sebelah utara wilayah KPH Banyumas Timur," jelas Sugito.

Baca Juga: Lahan ibu kota baru disebut tanah Sukanto Tanoto, ini penjelasan Bappenas

Pekan lalu, kebakaran serupa juga terjadi di lereng timur Gunung Slamet yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Purbalingga. (Fadlan Mukhtar Zain)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kebakaran Hutan Lereng Gunung Slamet di Brebes Meluas ke Banyumas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru