Kemacetan Jakarta Utara mengganggu aktivitas ekonomi pelabuhan

Rabu, 16 Mei 2018 | 11:50 WIB   Reporter: Indra Pangestu Wardana Setiawan
Kemacetan Jakarta Utara mengganggu aktivitas ekonomi pelabuhan

Truk kontainer di kawasan pelabuhan, Jakarta Utara


LALU LINTAS - JAKARTA. DPRD Jakarta ingin penanggulangan kemacetan segera direalisasikan. Pasalnya aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan menjadi terhambat.

Syarifuddin, perwakilan DPRD dapil dua Jakarta, mengatakan pertemuan penanggulangan kemacetan ini sudah  dilakukan hampir tiga kali.

Ia menyatakan memang masalah kemacetan ini adalah permasalahan khusus di Jakarta Utara.  Akan tetapi sampai sekarang tidak ada hasilnya.

"Hari ini jangan sampai pembicaraan ini kosong.  Banyak keluhan dari masyarakat mengenai kemacetan ini. Kita tidak mau menghambat laju perekonomian di pelabuhan. Tapi seharusnya aktivitas pelabuhan perlu diimbangi juga dengan kelancaran aktivitas di masyarakat.  Baiknya perekonomian jalan aktivitas masyarakat juga jalan.," kata Syarifuddin (16/5)

Menurutnya salah satu faktor kemacetan disebabkan oleh kendaraan logistik yang parkir di kantong masa. Ia juga mempertanyakan mengenai kapasitas parkir pelabuhan sehingga tak bisa menampung container yang masuk.

"Berapa pun petugas yang dipekerjakan tidak ada artinya kalau beban jalannya overload. Butuh semua instansi untuk mengatasi ini" tegasnya dalam forum rapat.

Ia berharap dalam waktu dekat seharusnya solusi kemacetan sudah bisa diatasi baik dalam jangka pendek,  menengah dan panjang.  Sehingga bulan puasa nanti jalan arteri di sekitar pelabuhan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru