Kepala BNPB: Jenazah Sutopo akan tiba di Bandara Soetta sekitar pukul 20.00 WIB

Minggu, 07 Juli 2019 | 13:14 WIB Sumber: Kompas.com
Kepala BNPB: Jenazah Sutopo akan tiba di Bandara Soetta sekitar pukul 20.00 WIB


BERITA DUKA - JAKARTA. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Letjen Doni Monardo mengatakan, jenazah Sutopo Purwo Nugroho akan diberangkatkan dari Guangzhou, China, Minggu (7/7) pukul 15.10 waktu setempat. 

Pesawat yang membawa jenazah Sutopo diperkirakan tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 20.00 WIB. 

"Hari ini akan diterbangkan, semua administrasi insya Allah bisa selesai. Kemudian tinggal menunggu izin dari imigrasi disana. Dijadwalkan penerbangan pesawat Garuda Indonesia pada pukul 15.10 waktu Guangzhou dan direncanakan (tiba) di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 20.00 malam ini," kata Doni di kediaman Sutopo di Perumahan Raffles Hills, Depok, Jawa Barat. 

Doni mengungkapkan, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia telah membantu proses administrasi, sehingga jenazah dapat dipulangkan ke tanah air, sore ini. 

"Ibu Menlu turut memberikan bantuan untuk mempermudah proses kepulangan (jenazah) Bapak Topo dari Guangzhou ke Jakarta," ujarnya. 

Seperti diketahui, Sutopo meninggal dunia di Guangzhou, China, Minggu pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB. 

Ia bertolak ke Guangzhou, China untuk berobat penyakit kanker paru-paru selama sebulan sejak 15 Juni lalu. 

Sutopo telah menjalani serangkaian perawatan kesehatan di sejumlah rumah sakit (RS) karena kanker paru-paru yang diidapnya. Ia divonis kanker paru-paru stadium 4B pada 17 Januari 2018. 

Sutopo rencananya dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah, esok hari. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Kepala BNPB: Jenazah Sutopo Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Sekitar Pukul 20.00"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru