Kota Bekasi paling taat protokol kesehatan se-Jabar, Depok paling tidak taat

Selasa, 19 Januari 2021 | 13:18 WIB Sumber: Kompas.com
Kota Bekasi paling taat protokol kesehatan se-Jabar, Depok paling tidak taat

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, Kota Bekasi dinilai sebagai kota paling patuh menjalankan protokol kesehatan Covid-19 se-Jawa Barat (Jabar) untuk menjaga jarak. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.


VIRUS CORONA - BANDUNG. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, Kota Bekasi dinilai sebagai kota paling patuh menjalankan protokol kesehatan Covid-19 se-Jawa Barat (Jabar) untuk menjaga jarak. Sementara, Kota Depok menjadi kota paling tidak patuh menjaga protokol kesehatan. 

Hal tersebut dikatakan Ridwan Kamil saat mengumumkan hasil evaluasi penanganan Covid-19 di sejumlah daerah di Jabar. Menurut Ridwan kamil, untuk kategori kedisiplinan, Kota Bekasi dinilai paling taat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes). 

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, metode penilaian berdasarkan hasil pemantauan lapangan yang dilakukan jajaran Satpol PP, TNI dan Polri. 

Indikator penilaian kepatuhan: Soal jaga jarak dan pakai masker 

Ada dua indikator penilaian, yakni menjaga jarak dan memakai masker. "Yang bisa menjaga patuh menjaga jarak, juga jatuh kepada Kota Bekasi. Jadi Kota Bekasi dinilai se-Jabar paling disiplin," kata Emil saat menghadiri konferensi pers di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Jabar, Senin (18/01/2021). 

Baca Juga: Virus corona di Depok: Pasien Covid-19 naik 279% dalam 2 bulan!

"Walaupun belum sempurna, tapi (Kota Bekasi) paling disiplin dibandingkan yang lain," lanjutnya.  

Depok dan Tasikmalaya tak patuh protokol kesehatan 

Sementara Kota Depok dianggap paling tidak patuh dalam urusan menjaga jarak. Lalu, Kabupaten Tasikmalaya dinilai paling tidak patuh dalam hal memakai masker. 

"Kemudian yang tidak patuh menjaga jarak adalah Kota Depok. Yang paling tidak patuh mengenakan masker adalah Kabupaten Tasikmalaya. Nanti detailnya saya share ya," kata Emil. 

Baca Juga: Ridwan Kamil: Ada 6 daerah di Jabar masuk zona merah Covid-19

Emil apresiasi kepatuhan warga Kota Bekasi Kepada warga Kota Bekasi, Emil berharap kedisiplinan itu tetap dipertahankan. Sementara bagi daerah yang belum patuh, ia meminta bupati dan wali kota untuk terus mengedukasi masyarakat. 

"Jadi kepada yang sudah patuh tolong pertahankan dan kepada yang tidak patuh saya titip ada wali kota dan bupati untuk terus mengedukasi masyarakatnya, karena tingkat kepatuhan di Jabar itu antara 60-70 persen dari rata-rata sebelum PPKM 50 persen," kata Emil. 

(Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil: Kota Bekasi Paling Taat Protokol Kesehatan Se-Jabar, Depok Paling Tidak Taat"

Editor : Aprillia Ika

 

Selanjutnya: Ridwan Kamil minta masyarakat tak khawatir dengan kebijakan PPKM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru