Langkah Pertamina bersihkan tumpahan minyak di laut wilayah Parepare

Sabtu, 12 Januari 2019 | 17:12 WIB   Reporter: kompas.com
Langkah Pertamina bersihkan tumpahan minyak di laut  wilayah Parepare


PERTAMINA - PAREPARE. Pertamina melakukan sterilisasi untuk membersihkan tumpahan minyak di laut di wilayah Pare-pare. Tumpahan minyak yang terjadi pada Kamis (10/1), diduga berasal dari kapal tanker yang mengalami kerusakan saat mendistribusikan BBM di Dermaga Pertamina Parepare, Sulawesi Selatan. 

Pembersihan dilakukan oleh tim tanggap darurat PT Pertamina Parepare. Tumpahan minyak mirip solar itu sempat menjadi rebutan warga daerah pesisir, pantai Kelurahan Lakessi dan Kelurahan Wattng Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare. 

"Kami fokus melakukan sterilisasi dengan menurunkan 20 personel tim penanggulangan. Kami melakukan oil boom yang bertujuan untuk mengurangi rembesan minyak. Sementara, oil dispersant ramah lingkungan bertujuan untuk mengurai minyak di laut," kata Humas Pertamina Wilayah Sulawesi Haris, Sabtu (12/01).

Sementara itu, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare melakukan investigasi mengenai dampak lingkungan yang akan menganggu biota laut. DLH Kota Parepare mengambil sampel untuk diteliti dan berharap Pertamina fokus membersihkan pantai agar tak ada dampak lingkungan yang ditimbulkan dari peristiwa ini. (Suddin Syamsuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Langkah Pertamina Bersihkan Tumpahan Minyak di Laut"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru