Masih masuk zona merah, Pemkot Depok belum putuskan KBM tatap muka di Januari 2021

Selasa, 24 November 2020 | 10:08 WIB Sumber: Kompas.com
Masih masuk zona merah, Pemkot Depok belum putuskan KBM tatap muka di Januari 2021

ILUSTRASI. siswa sekolah dasar ikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah


SISTEM PENDIDIKAN - JAKARTA. Dinas Pendidikan Kota Depok masih menggodok rencana kegiatan belajar-mengajar (KBM) semester depan. 

Sebagai informasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim telah melepas tanggung jawab buka-tutup sekolah dari tangan pemerintah pusat ke pemerintah daerah. 

"Kami masih bahas dulu dengan tim di pemda, juga dengan tim satgas (Covid-19) karena kan semua diserahkan ke daerah masing-masing oleh Pak Menteri," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin, Senin (23/11). 

"Kami nanti akan rapat dulu dengan semua internal baru nanti kami akan buat surat edaran wali kota ke sekolah. Sekolah seperti apa, berapa siswa satu ruangan, nanti muncul di surat edaran itu," ungkapnya. 

Baca Juga: Mendikbud pastikan anggaran untuk PPPK 2021 ditanggung pemerintah pusat

Ia memastikan, KBM di Depok masih berlangsung dari jarak jauh hingga semester ini berakhir. Surat edaran yang disinggung Thamrin, ditaksir baru akan terbit pada Desember nanti, sebagai persiapan KBM mulai Januari 2021. 

"Kami beresin satu semester ini dulu," kata dia. Yang jelas, Thamrin mengklaim bakal menggodok serius kesiapan setiap sekolah bila memutuskan membuka KBM tatap muka. 

Di samping itu, orangtua murid juga bakal diberikan porsi untuk menyatakan setuju atau tidak setuju. "Kami lihat pertimbangan sekolah, fasilitas cuci tangan, kapasitas siswa, alat pengukur suhu. Sekolah harus mempersiapkan itu dulu semuanya," kata dia. 

"Sekolah harus benar-benar siap, kalau belum siap kita tidak izinkan. Juga tergantung pernyataan orangtua. Kalau orang tuanya nggak mengizinkan tatap muka ya silakan, kalau enggak mengizinkan ya silakan," tutup Thamrin. 

Baca Juga: Anies: Belum ada keputusan soal pembelajaran tatap muka di sekolah pada januari 2021

Hingga saat ini, Depok masih mencatatkan diri sebagai kota di Jawa Barat dengan torehan kasus positif Covid-19 terbanyak. 

Data terbaru per Senin (23/11), jumlah pasien Covid-19 di Depok yang sedang dirawat mencapai 1.709 orang. Jumlah ini sekaligus jumlah pasien terbanyak yang pernah dicatat Depok selama pandemi. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Depok Belum Tentukan Sikap soal KBM Tatap Muka Semester Depan".

 

Selanjutnya: 10 Faktor yang perlu dipenuhi sekolah agar dapat izin pembelajaran tatap muka

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru