MRT fase I akan diperpanjang dari Lebak Bulus hingga Pondok Cabe

Jumat, 12 April 2019 | 15:55 WIB Sumber: Kompas.com
MRT fase I akan diperpanjang dari Lebak Bulus hingga Pondok Cabe


MRT - JAKARTA. Rute moda raya terpadu (MRT) akan terus bertambah. Setelah rute Lebak Bulus-Bundaran HI yang merupakan fase 1 lintas utara-selatan, pihak MRT berencana memperpanjang jaringan dengan merampungkan fase 2 lintas utara-selatan, lalu membangun lintas barat-timur, dan memperpanjang rute ke arah Provinsi Banten. 

Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menyatakan, rencana perpanjangan rute ke arah Banten akan dilakukan secara bertahap. Ia mengatakan, perpanjangan rute MRT ke Banten akan terbagi dalam tiga fase. Fase pertama, lanjutnya, belum merambah Provinsi Banten. 

“Jadi pembangunan tahap pertamanya nanti baru sampe ke Pondok Cabe dulu. Nanti setelah jadi, baru dilanjutkan lagi ke BSD City,” kata Kamaluddin melalui sambungan telepon, Jumat. 

“Kalau fase pertama mungkin belum sampai BSD City, tapi fase berikutnya akan sampe ke BSD City,” sambung Kamaluddin. 

Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Rabu lalu, mengatakan rute MRT di wilayah Tangerang akan melewati beberapa titik, antara lain BSD City, Tangerang Kota, hingga Bandara Soekarno Hatta. 

“Jadi nanti kurang lebih 20 kilometer dari Lebak Bulus akan dibangun jalur memotong sampai Jalan Raya Ciputat, melingkar ke Pamulang, Rawa Buntu.... Juga akan melewati BSD, sampai ke Tangerang Kota. Nantinya jadi ke Bandara (Soekarno-Hatta) nyambung," kata dia. 

Benyamin memperkirakan, tahun 2022 MRT sudah beroperasi di wilayahnya. Namun Kamaludin mengatakan, hal itu masih merupakan rencana jangka panjang. Kamaluddin melanjutkan, pihaknya belum dapat memastikan kapan rute perpanjangan ini  dibangun. 

Yang pasti, rute itu bakal dibangun melayang seperti rute dari Senayan ke Lebak Bulus. Dia memperkirakan, kemungkinan MRT di rute Tangerang akan beroperasi pada 2025 atau 2026. 

“Kita tunggu kabar, prosesnya kan pakai skema KPBU (Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha). Kan KPBU harus dimulai dari pemerintah juga. Kalau bisa dimulai tahun ini, mungkin selesainya 2025 atau 2026,” ujar Kamaluddin. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MRT: Fase I Akan Diperpanjang dari Lebak Bulus hingga Pondok Cabe"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru