Pasar Tanah Abang dibuka, ratusan pedagang jalani tes Covid-19

Selasa, 23 Juni 2020 | 12:56 WIB Sumber: Kompas.com
Pasar Tanah Abang dibuka, ratusan pedagang jalani tes Covid-19

ILUSTRASI. Pasar Tanah Abang


VIRUS CORONA - JAKARTA. Ratusan pedagang dan petugas Blok A dan B Pasar Tanah Abang menjalani tes massal Covid-19, Selasa (23/6). 

Pemeriksaan dilakukan dalam rangka melacak kasus baru Covid-19 di Pasar Tanah Abang yang beroperasi kembali pada Senin (15/6) lalu. 

"Target pemeriksaan yang pasti pedagang, kemudian petugas yang menangani kawasan pasar ini," ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Sari Ulfa ketika dikonfirmasi, hari ini. 

Baca Juga: HUT Jakarta: Kenal kembali Tanah Abang dari pasar kambing hingga markas tentara

Sari mengungkapkan bahwa dalam tes massal kali ini, pihaknya menyediakan 150 alat rapid test dan 80 alat uji swab. Pedagang dan petugas akan diarahkan petugas untuk mendatangi lokasi pemeriksaan yang berada di pintu timur Blok A Pasar Tanah Abang. 

"Ada yang rapid dulu. Ada yang langsung swab, khususnya yang lansia, yang punya penyakit penyerta (komorbid). Itu sudah ada datanya," ungkapnya. 

Kemudian, petugas atau pedagang yang hasil rapid test-nya reaktif Covid-19, mereka langsung diuji swab oleh petugas Puskesmas di lokasi. Mereka juga diimbau untuk tidak beraktivitas terlebih dahulu, selama menunggu hasil pemeriksaan keluar. 

"Ya kalau reaktif kan kami langsung swab, dan kami sih mengimbau selama menunggu hasil itu kami minta tetap terap protokol kesehatan, kami imbau juga kurangi kontak fisik," ungkapnya. 

Baca Juga: 79 pedagang terinfeksi corona, Wagub DKI: 12 pasar di Jakarta ditutup sementara

Dihubungi secara terpisah, Camat Tanah Abang Yassin Passaribu mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan PD Pasar Jaya, jika nantinya ada pedagang atau petugas Pasar Tanah Abang yang dinyatakan positif Covid-19. 

"Jadi kami tunggu hasilnya dulu. Kemudian koordinasi langkah selanjutnya seperti apa," kata Yassin. (Tria Sutrisna)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar Tanah Abang Kembali Beroperasi, Ratusan Pedagangnya Jalani Tes Covid-19".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru