Pasar Tanah Abang kembali ramai pasca kerusuhan 22 Mei

Minggu, 26 Mei 2019 | 07:46 WIB Sumber: Kompas.com
Pasar Tanah Abang kembali ramai pasca kerusuhan 22 Mei


PERDAGANGAN - JAKARTA. Aktivitas di Pasar Tanah Abang berangsur-angsur normal pada Sabtu (25/5) setelah ditutup lantaran kerusuhan 22 Mei. Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Sabtu (25/5) pukul 10.30, kondisi jalan di kawasan pasar itu terpantau ramai hingga sempat tersendat.

Parkiran di lokasi maupun di luar dipadati kendaraan roda dua dan roda empat. Penjagaan ketat personel gabungan terlihat di depan Blok B Tanah Abang. Meski demikian, hal tersebut tak menyurutkan keinginan warga berbelanja di pusat grosir terbesar di Asia itu.

Memasuki pasar, pengunjung ramai bertransaksi dengan pedagang. Hampir semua kios buka dan melayani para pembeli. Ulva (29), pedagang aksesoris mengatakan, pembeli mulai ramai berdatangan ke kiosnya. "Ramai kok tadi saya buka jam 07.00 sudah 20 orang yang beli tadi," ucap Ulva di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu.

Menurut dia, jumlah pembelinya pada Sabtu ini lebih tinggi dibandingkan Jumat (24/5) kemarin setelah kerusuhan terjadi di kawasan Tanah Abang. "Oh lebih ramai ini sih dibanding kemarin, karena sudah pada gajian juga mungkin ya," ujarnya.

Senada dengan Ulva, seorang pedagang pakaian Rina mengatakan, berangsur-angsur pasar Tanah Abang kembali normal. "Normal lagi kok ini seperti biasanya, banyak saja sih yang beli. Memang tidak setinggi tahun kemarin sih, tetapi ya lumayan lah," kata Rina.

Ia juga mengaku tidak khawatir jika kerusuhan kembali terjadi di kawasan tersebut. Ia mempercayakan keamanan kepada petugas keamanan setempat.

Pedagang lainnya Jordi mengatakan, jelang hari raya Idul Fitri tahun ini pembelinya lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. "Lebih sedikit sih pembelinya dari tahun lalu ya karena ada pilpres apalagi kerusuhan kemarin. Mau kirim barang keluar kota juga susah karena tiket mahal," ujar Jordi.

Saat Kerusuhan 22 Mei Meski demikian, ia bersyukur Pasar Tanah Abang mulai normal kembali. "Ya alhamdullilah sih sudah mulai normal, pemasukan jadi mengalir terus. Kalau rusuh lagi, kan, jadi ngerepotin orang banyak," ucapnya. (Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar Tanah Abang Kembali Menggeliat Setelah Tutup karena Rusuh 22 Mei"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru