Pasokan gula Gorontalo kurang, harga melejit 37%

Jumat, 20 Mei 2016 | 19:26 WIB Sumber: Antara
Pasokan gula Gorontalo kurang, harga melejit 37%


GORONTALO. Harga gula pasir di sejumlah pasar tradisional di Gorontalo mulai mengalami kenaikan sejak seminggu terakhir, akibat kurangnya stok.

Pantauan ANTARA di Pasar Limboto Kabupaten Gorontalo Jumat, harga gula pasir mencapai Rp 16.000 per kilogram, naik Rp 3.000 dari harga sebelumnya yaitu Rp 13.000/kg.

Yusuf, seorang pedagang bahan pokok di pasar Limboto, mengatakan harga gula pasir dari distributor telah naik sejak seminggu terakhir.

"Saya pun tidak tahu kenapa terjadi kenaikan dari distributor, seminggu lalu harga gula pasir, sekarung isi 50 kg masih Rp 523.000, saat ini sudah Rp 720.000 per karung," ungkap Yusuf. Itu artinya, kenaikannya mencapai 37%.

Hal serupa dikatakan pedagang gula pasir lainnya, Luko mengatakan persediaan gula pasir yang dibeli dari distributor hanya sedikit, dan harganya pun naik.

"Buat kami penjual tidak terlalu berpengaruh jika harga naik, karena penjualan tetap seperti biasa, namun jadi berat bagi pembeli yang mengeluh karena kenaikan harga gula," katanya.

Menurut Luko, kemungkinan harga akan kembali naik jika memasuki bulan puasa, karena gula pasir sering dijadikan bahan untuk membuat kue.

Menurut pihak Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) Gorontalo, bahwa jelang bulan puasa, Provinsi Gorontalo memang kekurangan stok gula putih sebanyak 200 ton.

Kepala Bulog Gorontalo Sjamsudin menyatakan kebutuhan gula pasir untuk Provinsi Gorontalo selama bulan puasa, diperkirakan sebanyak 200 ton.

"Selama bulan puasa pesedian gula harus mencapai 200 ton, untuk menekan harga serta digunakan untuk operasi pasar," katanya.

Sjamsudin mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan gula tersebut, pihaknya telah menghubungi Pabrik Gula Tolangohula, yang berada di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo dan saat ini stok gula telah dibeli melalui tender oleh Apekti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Berita Terkait


Terbaru