Pasokan seret, harga bawang merah di Pangkal Pinang melonjak hingga Rp 50.000 per kg

Selasa, 09 April 2019 | 13:56 WIB Sumber: Kompas.com
Pasokan seret, harga bawang merah di Pangkal Pinang melonjak hingga Rp 50.000 per kg

ILUSTRASI.


FLUKTUASI HARGA BAWANG - PANGKAL PINANG. Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Induk Atrium Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung merangkak naik. Lonjakan signifikan terjadi pada harga bawang merah, yang naik dari Rp 28.000 per kilogram naik menjadi Rp 48.000 per kilogram.

Pantauan Kompas.com, rata-rata bawang merah dari Pulau Jawa yang dijual di Pangkal Pinang naik Rp 20.000 per kilogram. "Pasokannya kurang karena kabarnya ada banjir di Jawa," kata pedagang sembako Desi Arita kepada Kompas.com, Selasa (9/4).

Desi yang mengaku sudah berjualan selama 42 tahun menilai kenaikan harga umumnya karena faktor alam dan tingginya permintaan jelang Lebaran Idul Fitri. "Sembako di Pangkal Pinang kan semuanya dibeli dari luar. Kalau sedikit dapat, harga langsung naik," ujarnya.

Pedagang sembako lainnya, Dayat, membenarkan adanya kenaikan harga sejak tiga pekan terakhir. Kenaikan harga hampir merata di kalangan pedagang karena mengambil dari agen yang sama.

"Kisaran harga bawang merah Rp 48.000 sampai Rp 50.000 per kilogram," ujarnya.

Bawang merah asal Brebes Jawa Tengah sejauh ini masih diminati masyarakat. Para pedagang juga menjual bawang besar dari Thailand dengan harga cukup murah yakni Rp 20.000 per kilogram. Hanya saja untuk bawang Thailand yang sekilas mirip bawang bombay tersebut jarang peminatnya.

Sementara bawang putih dijual dengan harga Rp 38.000 atau naik dari harga sebelumnya Rp 28.000 per kilogram. Salah seorang konsumen, Elza, mengaku kenaikan harga berpengaruh terhadap uang belanja bulanan.

"Biasanya Rp 6.000 dapat dua ons. Sekarang cuma dapat satu ons. Beli sedikit harga bawang bisa Rp 5.000 sampai Rp 6.000 per ons," ucapnya. Dia berharap rantai distribusi sembako ditata pemerintah sehingga pasokan menjadi stabil. (Heru Dahnur)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Bawang Merah di Pangkal Pinang Meroket hingga Rp 50.000 Per Kg".

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru