Pekan depan, Ancol kembali dibuka dengan kuota 50% pengunjung

Rabu, 10 Juni 2020 | 17:26 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Pekan depan, Ancol kembali dibuka dengan kuota 50% pengunjung


DKI JAKARTA - JAKARTA. Taman Impian Jaya Ancol bersiap beroperasi kembali dalam fase normal baru (new normal) dengan menerima kuota 50% pengunjung.

Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol menyampaikan bahwa Ancol akan dibuka kembali pada Sabtu, 20 Juni 2020.

Dalam proses operasionalnya akan diterapkan sejumlah prosedur dan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Selain itu Manajemen juga memberikan harga diskon khusus selama periode bulan Juni 2020 yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

"Peraturan baru telah disiapkan dan akan diterapkan agar semua pihak dapat menjalankan aktivitas liburannya dengan aman dan nyaman. Peraturan tersebut bernama #SSBB atau Senang Selamat Bareng Bareng. Merupakan peraturan yang diterapkan di Ancol untuk memastikan seluruh pihak dapat kembali menikmati liburan dan bersenang-senang, namun juga aman dan selamat dari awal sampai sampai akhir kunjungan di Taman Impian Jaya Ancol," jelas Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Rabu (10/6).

Baca Juga: Wisata Ancol akan buka, ini aturan baru bagi pengunjung

Ia berkata, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dari #SSBB Ancol adalah pemberlakuan pembatasan jumlah pengunjung (sebanyak 50% dari kapasitas normal) serta tidak memperbolehkan anak di bawah 5 tahun, Ibu hamil, dan lansia (usia 50 tahun dan di atasnya) rekreasi di Ancol. Hal ini sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk area wisata.

Terdapat pula kebijakan pembayaran non tunai (cashless) dalam bertransaksi dan juga tidak ada penjualan tiket di loket sehingga pengunjung wajib membeli tiket secara daring/ online mulai 13 Juni 2020.

Pembelian tiket dapat dilakukan melalui www.ancol.com ataupun mitra penjualan tiket resmi yang bekerjasama dengan Ancol. Pengunjung pun wajib melakukan reservasi sebelum berkunjung ke Ancol. Khusus pengunjung yang membeli tiket di website Ancol, tanggal kedatangan sudah dapat dipilih sejak pembelian tiket.

Protokol kesehatan juga akan tetap dijalankan seperti pemeriksaan suhu tubuh di Pintu Gerbang Ancol dan unit rekreasi.

Batas suhu maksimal yang ditetapkan adalah 37,3?. Melewati batas tersebut, maka tidak dapat memasuki kawasan Ancol. Penggunaan masker yang menutup hidung dan mulut merupakan hal wajib. Pengaturan jaga jarak fisik juga diberlakukan di semua area dengan jarak 1,5 - 2 meter.

Selama masa transisi ini, pihaknya juga melakukan pembukaan secara bertahap untuk beberapa wahana. Adapun ya g akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort.

"Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya," lanjutnya.

Terdapat juga penyesuaian jam operasional yaitu sebagai berikut; Pintu Gerbang Utama dan kawasan Pantai dibuka mulai pukul 06.00 – 20.00 WIB, Dunia Fantasi dibuka mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol dibuka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Jam operasional ini berlaku Senin sampai Minggu dan juga hari Libur Nasional.

Baca Juga: Transportasi kembali normal, Bank DKI dorong nasabah bertransaksi non tunai

Manajemen Ancol juga mengimbau calon pengunjung dapat menaati semua protokol yang ditetapkan dan mempersiapkan diri dengan membawa alat makan dan alat ibadah pribadi. Mereka juga dianjurkan untuk membawa hand sanitizer pribadi bila diperlukan setiap saat.

Pihaknya juga menambah fasilitas cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer serta melakukan pembersihan dengan disinfektan akan rutin dilakukan.

"Diharapkan dengan #SSBB ini seluruh yang ada di Ancol bisa menikmati rekreasi dengan maksimal pada saat dibukanya kembali kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol pada 20 Juni 2020 nanti," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru