Pelindo III jalankan penugasan sebagai operator sementara di Pelabuhan Patimban

Selasa, 12 Januari 2021 | 13:38 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Pelindo III jalankan penugasan sebagai operator sementara di Pelabuhan Patimban

ILUSTRASI. Pelindo III jalankan penugasan sebagai operator sementara di Pelabuhan Patimban


PELABUHAN -  SUBANG. Pemerintah telah mengoperasionalkan Pelabuhan Patimban, Subang demi memenuhi pelayanan transportasi dan kebutuhan logistik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk menunjang langkah itu, pemerintah melalui Kemenhub menunjuk  PT Pelabuhan  Indonesia  III (Persero) sebagai operator sementara pelabuhan tersebut.

Dalam keterangannya Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan Agus Purnomo menyatakan Pelabuhan Patimban ini terus diupayakan agar semakin lama semakin hidup supaya ekonomi juga bertambah dan bertumbuh dengan lebih cepat.

“Pelindo III sebagai BUMN yang telah mengelola 44 Pelabuhan se Indonesia mendapat kepercayaan Pemerintah untuk menjadi pengelola  sementara Pelabuhan Patimban ini," kata Agus Purnomo saat melakukan Launching Pelayaran Perdana Lintas Penyeberangan LDF (Long Distance Ferry) di Pelabuhan Patimban Subang, Minggu (10/01) seperit dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: Kemenhub resmikan pelayaran perdana lintas penyeberangan di Pelabuhan Patimban

Launching ini juga  ditandai dengan pemberangkatan perdana kapal roll on-roll off atau roro pun mulai sandar di Patimban.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo III U Saefudin Noer berterima kasih atas kepercayaan pemerintah dalam hal ini Menteri  Perhubungan dan akan melaksanakan penugasan  sebagai operator sementara pelabuhan Patimban ini secara optimal.

“Pelindo III group sedang terus menyiapkan operasi pelabuhan Patimban untuk melaksanakan amanah ini dan berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan,“ ujar Saefudin

Komitmen ini ditunjukkan dengan kehadiran jajaran Direksi PT Pelindo III (Persero) dalam acara Launching Perdana tersebut seperti Direktur Operasi dan Komersial Putut Sri Muljanto, Direktur Teknik Boy Robyanto, Direktur Transformasi Bisnis dan Pengembangan Bisnis Kokok Susanto, selanjutnya .

"Pada hari ini selain saya, ada 3 direktur Pelindo III lainnya yang hadir, Pertama Direktur Transformasi Bisnis dan Pengembangan Bisnis  untuk menyiapkan transisi sedemikian rupa agar pengembangan bisnis sesuai dengan arahan, “ ujar Saefudin.

“Kedua yaitu Direktur Teknik  yang  akan mengevaluasi kesiapan teknis Pelabuhan ini untuk dapat beroperasi sementara  pada  masa transisi ini, selanjutnya Direktur Operasi dan Komersial  yang kami tugaskan   bekerjasama dengan seluruh stakeholder di sini untuk memastikan program ini berjalan dengan sukses sesuai dengan arahan pemerintah,“, urai Saefudin Noer.

Baca Juga: Konsorsium CT Corp resmi jadi operator Pelabuhan Patimban

Editor: Noverius Laoli

Terbaru