Pembangunan Mako Guspurla Koarmada I di Natuna diresmikan Panglima TNI

Rabu, 07 April 2021 | 10:14 WIB Sumber: Kompas.com
Pembangunan Mako Guspurla Koarmada I di Natuna diresmikan Panglima TNI

ILUSTRASI. Pembangunan Mako Guspurla Koarmada I di Natuna diresmikan Panglima TNI


TNI - JAKARTA. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meletakan batu pertama pembangunan Markas Komando Gugus Tempur Laut (Mako Guspurla) Komando Armada I (Koarmada I) di Faslabuh Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (6/4/2021). 

Panglima TNI menuturkan, peletakan batu pertama menandai dimulainya pembangunan Mako Guspurla Koarmada I sebagai komando pelaksana operasi tempur di kawasan barat Indonesia dan posko keamanan laut terintegrasi yang akan menjadi bagian dari penguatan satuan TNI di Natuna. 

"Natuna menjadi wilayah yang memiliki nilai strategis bagi Indonesia. Sebagai pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan (LCS). Natuna berperan sebagai pangkalan depan untuk melakukan proyeksi kekuatan TNI hingga ke Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI)," ujar Panglima TNI dalam keterangan tertulis Puspen Mabes TNI, Selasa (6/4/2021). 

Panglima TNI menyebut mandala Natuna berkarakter maritim. Sehingga dengan keberadaan Mako Guspurla Koarmada I diharapkan dapat memperkokoh kemampuan interoperabilitas kekuatan laut dan udara TNI di domain maritim. 

Baca Juga: TNI AL gelar latihan di Laut Natuna Selatan, kerahkan 9 kapal dan 1 pesawat

"Saya apresiasi yang tinggi kepada TNI Angkatan Laut yang telah melaksanakan berbagai pembangunan infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan tugas di wilayah perairan Natuna dan menjadi perkuatan bagi Satuan TNI Terintegrasi di Natuna," kata Hadi. 

Panglima TNI juga mengaku sebuah kehormatan bagi dirinya dapat mengawali proses pembangunan Mako Guspurla Koarmada I dan posko keamanan laut terintegrasi. 

"Kita semua berharap semoga pembangunan Mako Guspurla ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan kerangka waktu dan anggaran yang telah direncanakan," terang dia. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. (Achmad Nasrudin Yahya)

Selanjutnya: AS kirim 3 kapal induk hadapi China, RI siagakan 3 kapal perang di Laut China Selatan

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Panglima TNI Resmikan Pembangunan Mako Guspurla Koarmada I di Natuna"  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru