Pemda DKI klaim 66 kelurahan sudah bebas banjir

Jumat, 30 September 2016 | 12:23 WIB   Reporter: Agus Triyono
Pemda DKI klaim 66 kelurahan sudah bebas banjir


JAKARTA. Pemerintah Daerah DKI Jakarta mengklaim, penanganan banjir yang mereka lakukan sudah efektif. Kepala Satuan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Denny Wahyu Haryanto mengatakan, keefektifan ini bisa dilihat dari jumlah wilayah bebas banjir yang ada saat ini.

Menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi Pemda DKI Jakarta,  sudah ada 66 kelurahan yang selama ini menjadi langganan banjir, saat ini sudah terbebas dari bencana tersebut. Di antara 66 kelurahan tersebut adalah Kampung Pulo, dan Petamburan. "Dulu itu kelurahan terdampak banjir, sekarang tidak lagi," katanya seperti dikutip dari beritajakarta.com, Jumat (30/9).

Denny mengatakan, keberhasilan tersebut salah satunya disebabkan oleh upaya normalisasi sungai yang dilakukan Pemda DKI Jakarta.

Lanjut Denny, selain keberhasilan penanganan banjir di 66 kelurahan tersebut, dari hasil evaluasi yang dilakukan BPBD DKI Jakarta ditemukan adanya pola pergeseran titik genangan banjir. Jika sebelumnya banjir paling banyak terjadi di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Timur bagian utara, tahun ini titik henangan banjir cenderung beralih ke selatan.

Tapi, Denny tidak menjelaskan faktor penyebab perubahan pola banjir tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru