Pemprov DKI belum putuskan sekolah tatap muka, simak indikator yang harus dipenuhi

Selasa, 16 Maret 2021 | 06:53 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI belum putuskan sekolah tatap muka, simak indikator yang harus dipenuhi

ILUSTRASI. Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum memutuskan apakah akan kembali melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka pada tahun ajaran baru. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan, pembukaan sekolah tatap muka harus melalui berbagai indikator dan syarat yang harus dipenuhi, seperti penyebaran Covid-19 dan ketaatan warga. Kemudian komitmen dan persetujuan dari orangtua siswa juga diperlukan. 

"Sekalipun membolehkan, tapi kalau orangtua tidak berkenan, kan tidak jadi. Jadi tidak bisa sepihak, kami juga harus memperhatikan kekhawatiran para orangtua terhadap anak-anak," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (15/3). 

Pembukaan sekolah tatap muka juga harus dilakukan secara bertahap. Menurut Riza, pembukaan akan diawali dengan tingkat sekolah yang lebih tinggi, misalnya SMA/SMK. Sekolah juga harus menyiapkan sarana pendukung kegiatan belajar-mengajar. 

Pemprov DKI Jakarta, sebut Riza, saat ini sedang menunggu evaluasi dari pembukaan tempat rekreasi di Ibu Kota. "Kami masih melihat apakah ada usaha rekreasi masih bisa kami perluas, seperti sekarang masih ditambah, itu pun kami pelajari," ungkap Wagub. 

Baca Juga: Bisnis karaoke di Jakarta bakal segera dibuka? Ini jawaban Wagub DKI

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan, vaksinasi kepada 5 juta guru diharapkan dapat selesai pada Juni 2021. Hal yang sama juga diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, yakni proses vaksin guru bisa selesai di akhir Juni 2021. 

Jika target itu tercapai, maka proses belajar tatap muka di sekolah bagi siswa bisa benar-benar terlaksana pada Juli 2021. "Kami ingin memastikan guru dan tenaga kependidikan sudah selesai vaksinasi di akhir Juni. Sehingga di Juli sudah melakukan proses belajar tatap muka di sekolah," terang Nadiem, Rabu (24/2). 

Meski sudah belajar tatap muka, Nadiem menyebut, siswa dan guru tetap mematuhi protokol kesehatan di sekolah. (Rosiana Haryanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DKI Belum Putuskan Ada Sekolah Tatap Muka, Ini Indikator yang Perlu Dipenuhi".

 

Selanjutnya: Cuaca hari ini di Jabodetabek sebagian hujan sedang, awas petir dan angin kencang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru