Pemprov DKI: Ganjil genap bikin kualitas udara Jakarta membaik

Selasa, 17 September 2019 | 16:18 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI: Ganjil genap bikin kualitas udara Jakarta membaik

ILUSTRASI. Penindakan tilang terhadap pengendara yang melanggar kawasan sistem ganjil-genap.


DKI JAKARTA - JAKARTA. Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengklaim bahwa kualitas udara Jakarta membaik setelah diberlakukan perluasan ganjil genap di 25 ruas jalan di DKI Jakarta.

Kepala Dinas LH Andono Warih mengatakan, Dinas LH memasang alat pemantau kualitas udara di tiga titik di Jakarta untuk menguji kualitas udara sebelum dan sesudah pemberlakukan ganjil genap.

Baca Juga: Kebijakan ganjil-genap mengakibatkan pendapatan sopir taksi online berkurang

"Sebelum diterapkan gage (gabjil genap), periode Juli-Agustus dan periode keduanya Agustus-September, kami bandingkan di tiga lokasi yang kami perkirakan ada pengaruh kebijakan perluasan gage. Itu di Bundaran HI, Kelapa Gading, dan Jalan Suryopranoto yang merupakan jalan yang perluasan gage," kata Andono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (17/9).

Hasilnya, di Bundaran HI terjadi penurunan kadar PM (particulate matter) 2,5 debu yang sangat lembut hingga 9 %. Lalu di Kelapa Gading penurunan kadar PM 2,5 mencapai hampir 12 %.

Baca Juga: Asosiasi Pengemudi Taksi Online: Perluasan ganjil genap tebang pilih

Untuk yang terakhir di Jalan Suryopranoto, Gambir menunjukkan perbaikan kualitas udara yang ditandai dengan penurunan kadar PM 2,5 sebanyak 16 %. "Jadi kesimpulannya, perluasan gage di Jakarta ini memiliki dampak yang positif dalam memperbaiki kualitas udara," klaimnya.

Mengenai data kualitas udara di Airvisual yang masih menunjukkan kualitas udara kurang baik, Andono menyebut bahwa itu hanyalah nilai rata-rata.

"Tapi nilai absolutnya sudah menurun sangat signifikan. Tadi 9, 12, dan 16 %. Ini sesuatu yang sangat positif menurut kami. Adapun sampai kita mencapai nilai yang lebih baik lagi, tentunya effort-nya harus ditambah lagi," ujar Andono.

Baca Juga: Perluasan Aturan Ganjil-Genap Bikin Emiten Ini Menambah Investasi

Diketahui, perluasan ganjil genap diberlakukan di 25 ruas jalan di DKI Jakarta. Ganjil genap berlaku dari pukul 06.00-10.00 WIB dan dilanjutkan pukul 16.00-21.00 WIB. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Klaim Kualitas Udara Membaik Pasca-perluasan Ganjil Genap"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru