Pengurusan IMB DKI Jakarta butuh waktu 3 jam

Minggu, 16 Oktober 2016 | 11:27 WIB   Reporter: Teodosius Domina
Pengurusan IMB DKI Jakarta butuh waktu 3 jam


JAKARTA. Izin mendirikan bangunan di DKI Jakarta kini bisa dilakukan dalam waktu tiga jam. Namun layanan ini hanya diberikan Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) untuk bangunan kurang dari 200 meter persegi.

“Pelayanan IMB 3 Jam menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pembuatan IMB yang lebih cepat. Kami masih mendengar adanya keluhan proses pengukuran untuk Ketetapan Rencana Kota (KRK) lama, sehingga menghambat proses IMB," ujar Edi Junaedi, Kepala BPTSP DKI Jakarta, dikutip dari beritajakarta.com, Sabtu (15/10).

Untuk itu, BPTSP DKI juga membuat sistem pengajuan KRK secara online yang bisa dilakukan dari smartphone pemohon. "Ini simultan dengan proses pembuatan IMB," ucapnya.

Dengan menggunakanan smartphone lokasi pemohon dapat langsung diketahui oleh PTSP, sehingga KRK dapat dibuat pada saat itu. Hal ini dimungkinkan karena peta operasional BPTSP Provinsi DKI Jakarta sudah terintegrasi dengan aplikasi komputer.

Lalu pemohon melakukan konsultasi arsitek gratis untuk menentukan tipe gambar rumah yang akan dibangun sesuai dengan template dari PTSP sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah pemohon setuju dengan gambar tersebut lalu dibuatkan gambar dengan arsitek PTSP. Dalam waktu tiga jam, semua proses dari KRK sampai IMB selesai dan gratis jasa arsitek.

Untuk tahap awal, layanan ini baru dapat dinikwati oleh warga Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan dan Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Rencananya pada awal 2017 layanan IMB Tiga Jam dapat dilakukan di seluruh kecamatan di wilayah DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru