Penjelasan Anies soal tarif parkir pasca pajak parkir naik 30% di Jakarta

Rabu, 09 September 2020 | 09:32 WIB Sumber: Kompas.com
Penjelasan Anies soal tarif parkir pasca pajak parkir naik 30% di Jakarta

ILUSTRASI. Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi Fase I di wilayah DKI Jakarta untuk ketiga kalinya, hingga 13 Agustus 2020.


JAKARTA -  JAKARTA. Pajak parkir di DKI Jakarta dinaikkan menjadi 30% dari sebelumnya 20%.

Kenaikkan pajak parkir ini disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dalam perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Parkir.

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Dedi Supriadi menyebutkan, perubahan pajak parkir merupakan bentuk penyesuaian.

"Adapun penyesuaian pajak parkir kami tetapkan dalam Pasal 7, yakni dari semula 20% menjadi 30%," ucap Dedi saat dikonfirmasi, Selasa (8/9/2020).

Baca Juga: MPV murah, harga mobil bekas Nissan Evalia mulai Rp 70 juta

Meningkatkan PAD

Dedi menambahkan, penyesuaian ini bertujuan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mengalihkan kebiasaan masyarakat dari pengguna kendaraan pribadi ke transportasi publik seperti Bus Transjakarta, Kereta LRT, dan Kereta MRT.

Ia mengatakan, kenaikan pajak akan diimbangi dengan keharusan menggunakan sistem daring (online system) sebagai bentuk pengawasan, sehingga tidak terjadi kebocoran.

Baca Juga: Ngopi dan Nongkrong di Kopi Daong

Bapemperda DPRD juga menambahkan ketentuan baru di Pasal 5a, yaitu sanksi bagi wajib pajak parkir apabila tidak menggunakan sistem pengawasan daring.

"Sanksi yang diberikan adalah peringatan tertulis hingga dua kali, penghentian sementara, bahkan hingga pencabutan izin usaha," kata dia.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru