Percepat infrastruktur Jakarta, ini proyek yang akan digenjot

Senin, 11 Maret 2019 | 18:19 WIB Sumber: Kompas.com
Percepat infrastruktur Jakarta, ini proyek yang akan digenjot


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Pemerintah dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membahas percepatan pembangunan infrastruktur ibu kota di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (11/3). 

Rapat yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla itu dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, dan Gubernur DK Jakarta Anies Baswedan. Anies mengatakan rapat tersebut menindaklanjuti rapat Kabinet Kerja ihwal pembangunan infrastrukur di Jakarta. 
"Jadi kami akan melakukan percepatan pembangunan, infrastruktur utamanya transportasi, kedua infrastruktur air bersih, dan infrastruktur pengolahan air limbah, serta perumahan. Itu garis besar yang akan dibangun sama-sama," kata Anies usai rapat. 

Dalam rapat tersebut, kata Anies, membahas jumlah anggaran yang dibutuhkan dan dari sumber mana anggaran tersebut bisa diperoleh. Anies mengatakan, pembangunan infrastruktur Jakarta bakal bersumber dari pinjaman, investasi, dan kemitraan dengan swasta. 

Di sektor transportasi, salah satu yang akan digenjot pembangunannya adalah jaringan Mass Rapid Transit (MRT) yang saat ini baru sepanjang 16 kilometer. "Jaringan MRT saat ini 16 kilometer, kami diproyeksikan harus memiliki 223 kilometer, kemudian LRT saat ini 5,8 kilometer. Kita butuh untuk membangun sampai 116 kilometer. Transjakarta ada 431 km, kami akan membangun 2.149 kilometer. 

"Kemudian air bersih yang sekarang cakupannya 60 persen harus menjadi 100 persen. Pengelolaan air limbah saat ini 14 persen. Diproyeksikan bisa sampai 81 persen, kemudian permukiman kita butuh tambahan 600 ribu unit rumah baru," lanjut dia. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah dan Pemrov DKI Bahas Percepatan Infrastruktur Jakarta, Ini yang Bakal Digenjot"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru