Pertamina adakan lomba dan permainan untuk hilangkan trauma pengungsi Lombok

Minggu, 26 Agustus 2018 | 20:04 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Pertamina adakan lomba dan permainan untuk hilangkan trauma pengungsi Lombok

ILUSTRASI. KERUSAKAN AKIBAT GEMPA LOMBOK


PERTAMINA - LOMBOK UTARA. Sebagaimana korban bencana lainnya, para pengungsi yang terdampak gempa di Lombok juga membutuhkan bantuan. Tak hanya untuk pemenuhan kebutuhan fisik, psikis mereka pun perlu dirawat, yang biasa dilakukan dengan melakukan trauma healing.

Ada berbagai macam cara untuk memberikan trauma healing. Salah satunya dengan mengadakan sejumlah kegiatan hiburan berupa permainan dan perlombaan. Cara ini juga dilakukan oleh Pertamina.

Di sana, Pertamina menggelar bermacam perlombaan yang disesuaikan dengan umur dan kebutuhan. Misalnya, untuk kalangan pria dewasa (bapak), ada lomba memindahkan air, sementara kalangan anak-anak diajak bermain dengan berbagai permainan menarik.

Sedangkan untuk para ibu, Bright Gas menggelar lomba kreasi masak. Dalam acara yang digelar di Lapangan Dusun Terengan, Desa Pemenang Timur, Lombok Utara pada Jum’at (24/8) itu, para ibu diajak untuk bisa kembali melakukan aktivitas rutin tersebut.

Sebab, sudah lebih dari dua pekan ini, memasak menjadi aktivitas yang jarang mereka lakukan. Hal itu mengingat sebagian rumah dan harta benda hancur karena gempa, dan mereka pun harus tinggal di pengungsian.

Secara otomatis hampir seluruh aktivitas rutin di dapur tak bisa dilakukan. Sesekali memasak memang bisa dilakukan sembari membantu kegiatan di dapur umum, namun itu pun harus dilakukan disela repotnya mengurus anak di pengungsian bersama ratusan warga lainnya.

Koordinator relawan Pertamina, Anggardi mengungkapkan, kegiatan lomba masak ini merupakan bagian dari trauma healing untuk korban agar bisa kembali bersemangat seperti sebelumnya. Untuk perlombaan ini, juri lomba memasak dihadirkan tim relawan dari bagian medis Pertamina Hulu Mahakam. Masakan dinilai dari sisi rasa, penampilan dan kebersihan.

"Tinggal di pengungsian dalam waktu yang cukup lama,sangat berpengaruh bagi kondisi psikis para korban gempa. Karena itu kami hibur mereka dengan berbagai kegiatan yang positif," kata Anggardi dalam siaran persnya, Sabtu (25/8).

Di samping menggelar trauma healing, Pertamina juga hadir di pengungsian korban gempa Lombok dengan memberikan bantuan logisitik, fasilitas tenda pengungsi, MCK dan memastikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG. Untuk menyalurkan bantuan, Pertamina mengerahkan relawan pekerja yang bertugas secara bergiliran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru