Pilkada DKI, PAN ingin gandeng PDI-P & PPP

Senin, 30 Mei 2016 | 10:45 WIB Sumber: Kompas.com
Pilkada DKI, PAN ingin gandeng PDI-P & PPP


Jakarta. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengaku telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah partai politik untuk berkoalisi dalam Pilkada DKI Jakarta.

Ia menambahkan, salah satu yang telah ditemuinya adalah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri yang turut hadir dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN, Minggu (29/5/2016).

Selain dengan Megawati, komunikasi juga dibangun dengan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy. "Sudah ngomong bersama Bu Mega juga Pak Romi (sapaan Romahurmuziy) dan lain-lain bagaimana menghadapi Pilkada," ujar Zulkifli di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu malam.

Dia menuturkan, penjajakan itu perlu dilakukan karena PAN tidak bisa mengusung calon gubernur sendiri pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017. PAN hanya memiliki dua kursi di DPRD DKI Jakarta. Sementara untuk mengusung calon sendiri, sebuah partai atau gabungan partai memerlukan 21 kursi. "Karena PAN kan dua kursi tidak bisa mengusul sendiri. Harus bergabung," sambung dia.

Namun, ia mengaku komunikasi yang dibangun belum terlalu jauh. "Kita baru komunikasi dengan PDI-P, PPP, PKB tadi. Baru ngomong-ngomong bagaimana," kata Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu.

(Nabilla Tashandra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru