Pintu Air Cideng Siaga 1, hujan berpotensi tumpah di Jabodetabek

Senin, 07 Desember 2020 | 06:32 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Pintu Air Cideng Siaga 1, hujan berpotensi tumpah di Jabodetabek


PRAKIRAAN CUACA - JAKARTA. Peringatan Dini Cuaca Jabodetabek tgl 7 Desember 2020 pukul 03:00 WIB mengabarkan potensi hujan sedang-lebat di Jakarta dan Jabodetabek. Laman Posko Banjir Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyampaikan informasi tersebut, Senin dini hari (7 Desember 2020).

Selain DKI Jakarta, potensi hujan sedang-lebar juga bisa meluas ke Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Hujan deras di Bogor dan Puncak dalam musim penghujan selama ini selalu menjadi pusat kewaspadaan penduduk dan pemerintah daerah di sepanjang daerah aliran sungai Ciliwung.

Maklum, limpahan air hujan yang mengalir sepanjang sungai Ciliwung yang melewati Jakarta bisa menimbulkan banjir di Ibukota Jakarta.

Lalu, apakah hujan sedang hingga lebat pagi ini berpotensi menimbulkan banjir di Jakarta? 

Kondisi terbaru ketinggian air di pintu di sepanjang Sungai CiIliwung dan Jakarta bisa kita pantau melalui tautan Posko Banjir Dinas Sumber Daya Air (DSDA Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketika artikel ini ditulis sekitar pukul 6.20 WIB, sebagian indikator kesiagaan pintu air masih berstatus normal. Namun demikian ketinggian permukaan air di beberapa pintu air sudah mulai melebihi ambang batas normal.

Di Piompa (PA) Cideng, misalnya, permukaan air sudah mencapai ketinggian 1.803 cm.  

Sebagai perbandingan, status PA Cideng dianggap normal kalau masih di bawah 150 cm. Jika permukaan air meningkat maka status akan berubah menjadi Siaga 3 (150 - 250 cm), Siaga 2 (250 - 300 cm), Siaga 1 (> 300 cm). 

Namun demikian di Bendung Katulampa Bogor yang biasa menjadi perhatian uatama wagra DKI Jakarta saat musim hujan, ketinggian air masih normal, yaitu di bawah 80 cm.

Kalau permukaan air di Bendung Katulampa semakin tinggi, maka status itu bisa saja meningkat menjadi Status 2 (150 cm- 200 cm) atau Siaga 1 (di atas 200 cm).

Selain Katulampa, beberapa pintu air sudah sudah menyandang status Siaga 1, yaitu Pintu Air PA Karet, Pompa Air Pasar Ikan, dan Pompa Air Jembatan Merah.

Selanjutnya: Cuaca hari ini di Jabodetabek hujan ringan, tetap bawa payung dan jas hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru