PKS dan Gerindra sepakati fit and proper test Cawagub DKI

Rabu, 09 Januari 2019 | 22:53 WIB   Reporter: kompas.com
PKS dan Gerindra sepakati fit and proper test Cawagub DKI


DKI JAKARTA - JAKARTA. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melangsungkan pertemuan dengan DPD Gerindra DKI di Kantor DPW PKS DKI Jakarta, Rabu (9/1). Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo mengatakan, pihaknya dan Gerindra DKI sudah menyepakati fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan kandidat wakil gubernur DKI Jakarta. 

"Tadi kami telah menyusun timeline, Insya Allah mudah-mudahan tidak ada kendala, dan mudah-mudahan tim panelis bisa. Insya Allah itu hari Senin tanggal 14 Januari 2019 rapat koordinasi,” kata Syakir di kantor DPW PKS DKI, Jakarta, Rabu. 

Tim Panelis terdiri dari Wakil DPD DKI Gerindra Syarif dan Peneliti LIPI Siti Zuhro. Sementara panelis dari pihak PKS adalah Pakar Kebijakan Publik Eko Prasodjo dan Pengamat Politik Ubedilah. 

Wakil DPD DKI Gerindra Syarif mengatakan, dalam rapat koordinasi itu, tim panelis akan membahas materi yang akan disodorkan ke tiga kandidat wagub dari PKS. Tiga kandidat yang dimaksud yakni mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto, dan Ketua Dewan Syariah DPW PKS DKI Ahmad Suhaimi. 

"Calon dari PKS itu sudah final, enggak bisa ditambah atau dikurangi. Waktu itu Gerindra penginnya empat. Setelah dibahas di internal DPW PKS, cukup tiga. Jadi nanti langkah selanjutnya ada di panelis hari Senin," kata Syarif. 

Syarif berharap pada 25 Januari 2018, uji kepatutan dan kelayakan sudah selesai sehingga terpilih dua nama. Ia berharap ketiga nama itu bisa diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

"Baru melakukan lobi ke DPRD. Mudah-mudahan cepet selesai mendapatkan calon dari proses fit and proper test," ujar Syarif. Setelah Anies menyerahkan ke DPRD, para anggota dewan harus melakukan voting untuk menentukan wakil gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PKS dan Gerindra Sepakati "Fit and Proper Test" Cawagub DKI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru