PLN pulihkan 502 gardu distribusi listrik terdampak banjir di Jawa Tengah

Minggu, 07 Februari 2021 | 08:02 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
PLN pulihkan 502 gardu distribusi listrik terdampak banjir di Jawa Tengah

ILUSTRASI. Banjir


PLN -  JAKARTA. Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengamankan pasokan listrik pada beberapa daerah yang diterpa cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan yang turun selama 24 jam mencapai 171 milimeter (hujan ekstrem) sehingga memicu terjadinya banjir di Jateng.

Peringatan dini cuaca ekstrem telah disampaikan BMKG sejak tanggal 5 Februari hingga tanggal 6 Februari pukul 01.30 WIB. BMKG terus mengimbau waspada potensi hujan lebat hingga ekstrem dalam sepekan ke depan. 

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jateng, Sukasno, menjelaskan bahwa hujan ekstrem yang menyebabkan banjir di Jateng mulai turun sejak pukul 02.00 sampai dengan 05.00 WIB Sabtu (6/2). Di Kota Semarang, misalnya, hujan ekstre telah menyebabkan beberapa daerah terendam banjir.

Wilayah yang terdampak antara lain; Tambak Dalam, Sawah Besar, Tambakan, Barursari, Rusunawa Kaligawe, Pasar Waru, Muktiharjo, Genuk Indah, Masjid Agung Jawa Tengah, Medoho, Gajah, Kyai Sakir, Woltermongisidi, Petek, Layur, Raden Patah, Bubakan, MT Haryono, Kota Lama, Trunojoyo, Mpu Tantular, Stasiun Tawang, Kawasan LIK, Gebang Anom, Padi Raya, Widuri, Puri Anjasmoro, Anjasmara Raya, PRPP, Taman Marina, Semarang Indah dan Madukoro Raya. 

Sukasno menyampaikan, pihaknya mendukung upaya PLN untuk memitigasi dampak cuaca ekstrem yang terjadi. "Terutama untuk pengamanan kelistrikan pada saat ketika terjadi banjir. Hal ini dilakukan demi keselamatan warga masyarakat," terangnya dalam keterangan tertulis yang disiarkan Sabtu (6/2) malam.

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (UID Jateng & DIY), Elly Oktaviani Ciptati menegaskan bahwa pihaknya akan mengutamakan keselamatan masyarakat dalam menghadapi cuaca ekstrem tersebut.

“Pada daerah yang terendam banjir, PLN terpaksa memadamkan sementara listrik dan segera menormalkannya kembali setelah banjir surut,” ujarnya.

Baca Juga: Tinjau banjir Semarang, menteri PUPR instruksikan semua pompa beroperasi

Sampai dengan pukul 19.30 WIB, sebanyak 502 dari 995 unit gardu distribusi yang terdampak banjir sudah berhasil dipulihkan kembali. Dengan kata lain, sebanyak 15.225 dari 55.074 pelanggan yang terdampak banjir sudah kembali menikmati pasokan listrik. 

PLN masih terus memantau daerah-daerah yang terdampak agar dapat segera menormalkan kembali pasokan listrik apabila kondisinya telah aman bagi masyarakat.  Elly mengimbau, agar masyarakat juga memperhatikan potensi bahaya listrik ketika banjir.

"Matikan instalasi listrik di dalam rumah, cabut colokan listrik, dan pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. Saat banjir surut, pastikan alat elektronik benar benar kering sebelum dipakai kembali," papar Elly. 

Guna mengantisipasi potensi terjadinya gangguan jaringan listrik di wilayah lain, PLN mengimbau partisipasi dari masyarakat untuk ikut melaporkan jika terdapat potensi gangguan terhadap pasokan listrik. 

Masyarakat bisa menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan ataupun jika mengetahui informasi lain terkait ketenagalistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123. 

"Apabila masyarakat menemukan pohon yang berada dekat dan berpotensi mengganggu jaringan listrik, agar dapat segera melaporkan kepada PLN sehingga tidak menyebabkan gangguan," tutupnya. 

 

Selanjutnya: Sebanyak 70 desa di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terendam banjir

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru