Presiden Jokowi aktifkan empat jalur kereta api di Jawa Barat

Jumat, 18 Januari 2019 | 21:09 WIB Sumber: TribunNews.com
Presiden Jokowi aktifkan empat jalur kereta api di Jawa Barat


KERETA API - GARUT.  Pemerintah melakukan reaktivasi atau mengaktifkan kembali empat jalur kereta api di wilayah Jawa Barat untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi baru. Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat meninjau jalur kereta api di Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1).

Presiden Jokowi  mengatakan, ada empat jalur kereta api yang akan diaktifkan kembali untuk masuk ke kawasan wisata dan akan segera dimulai dengan cepat. "Saya targetkan dua tahun tetapi mungkin mundur sedikit-sedikit lah, ini hanya reaktivasi," ujar Jokowi di Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1).

Empat jalur kereta api yang akan diaktifkan yairu Cibatu, Wanaraja, Garut, dan Pangandaran. Dimana, jalur tersebut sebelumnya telah beroperasi ke tempat kawasan wisata.

Jokowi menilai, aktivnya jalur kereta api tersebut, maka pertumbuhan ekonomi baru akan tercipta, terlebih aktor komedi asal Inggris Charlie Chaplin pernah menggunakan kerata api ke Stasiun Cibatu dari Bandung pada 1962.

"Charlie Chaplin dulu juga turun di Bandung kemudian naiknya ke sini dengan kereta api ke Garut juga sama sambil lihat kanan-kiri (pemandangan) gitu," katanya.

Diketahui jalur kereta api Stasiun Cibatu-Stasiun Garut-Stasiun Cikanjang dengan 47,5 kilometer (km). PT Kereta Api Indonesia mencatat, jalur Cibatu- Stasiun Cikanjang ditutup pada 1982, sementara jalur Stasiun Cibatu- Stasiun Garut ditutup pada 1983.

Selama tidak beroperasi, kedua jalur itu dimanfaatkan warga sebagai jalan setempat hingga pendirian bangunan. (Seno Tri Sulistiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru