Presiden Jokowi resmikan jalan tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen

Minggu, 15 Juli 2018 | 11:14 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Presiden Jokowi resmikan jalan tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen

PRESIDEN RESMIKAN TOL RUAS KARTASURA-SRAGEN


AGENDA PRESIDEN - JAKARTA. Jalan tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Peresmian dilakukan di Gerbang Tol (GT) Ngemplak, Kabupaten Boyolali hari ini, Minggu (15/7).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa jalan tol Trans Jawa secara bertahap akan tersambung dari Merak hingga Banyuwangi. " Saya gembira karena jalan tol ruas Kartasura-Sragen selesai dan secara bertahap ruas jalan tol Trans Jawa tersambung dari Merak hingga Banyuwangi," katanya.

Presiden Jokowi berpesan agar kerberadaan jalan tol tersebut bukan hanya memperlancar barang, jasa dan orang tetapi menurunkan biaya logistik dan sekaligus bisa mendukung pengembangkan UMKM di kawasan rest area.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol Solo-Ngawi yang dibangun dengan nilai invetasi Rp 13,4 triliun itu memiliki keunikan karena bersinergi dengan moda transportasi kereta bandara.

"Di belakang (ROW dari Kadipiro-Purwodadi hingga Bandara Adi Soemarmo) yang ada crane merupakan jalur kereta api ke bandara yang sudah mulai dikerjakan," jelas Basuki dalam siaran persnya, Minggu (15/7).

Bertepatan dengan pengoperasian Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura-Sragen, Kementerian PU-Pera telah menetapkan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif tol pada Jalan Tol Segmen Kartasura-Sragen melalui Surat Keputusan Menteri No 388/KPTS/M/2018 tanggal 8 Juni 2018.

Berdasarkan SK Menteri PU-Pera tersebut, maka penetapan golongan kendaraan bermotor dan besaran tarif tol yang akan berlaku mulai tanggal 17 Juli 2018 mulai pukul 00.00 WIB bagi kendaraan golongan I dari Kartasura menuju Sragen adalah Rp 35.000.

David Wijayatno, Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi menyatakan bahwa Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura-Sragen bisa langsung dilewati oleh pengguna jalan tol sesaat seteleh peresmian. "Mulai sore ini (Minggu), masyarakat bisa menikmati kembali Jalan Tol Solo-Ngawi. Namun mulai Selasa, 17 Juli 2018 pukul 00.00 WIB sudah diberlakukan tarif," jelas David.

Jalan tol Solo-Ngawi menerapkan cashless payment, sehingga pengguna jalan tol yang akan melakukan transaksi tol harus mempersiapkan uang elektronik dengan kecukupan saldo. Jalan tol Solo-Ngawi terdiri dari tiga tahap pengoperasian. Tahap I segmen SS Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 kilometer (km) telah beroperasi sejak 30 Maret 2018, tahap II Kartasura-Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018, tahap III Sragen-Ngawi dalam tahap penyelesaian konstruksi lima overpass.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru