Program BUMN mengenal nusantara siap berangkatkan siswa-siswi Sulut ke Jateng

Senin, 12 Agustus 2019 | 15:01 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Program BUMN mengenal nusantara siap berangkatkan siswa-siswi Sulut ke Jateng

ILUSTRASI. KEBERANGKATAN SISWA MENGENAL NUSANTARA


BUMN -  MANADO. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia dan Perum Damri bekerjasama melaksanakan kegiatan seleksi menjaring siswa siswi berprestasi dari seluruh sekolah menengah atas se Sulawesi Utara (Sulut) pada 1 Agustus 2019.

Siswa siswi yang terpilih akan menjadi duta perwakilan dari Provinsi Sulawesi Utara yang dikirim ke Jawa Tengah dalam Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019.

Baca Juga: Askrindo gelar kelas kreatif BUMN

Kepala Dinas Dikda Sulawesi Utara Liesje GL Punuh mengatakan, pihaknya mengharapkan bahwa peserta SMN bisa memberikan contoh terbaik di Jawa Tengah selama mereka menjalani kegiatan tersebut. 

Ia mengatakan, para peserta terpilih ini dapat mengambil manfaat dari kegiatan SMN tersebut. Menurutnya, pengalaman yang baik yang didapatkan di Jawa Tengah juga harus disebarkan untuk memotivasi semangat belajar teman-temannya dan memupuk kecintaan terhadap  nusa . 

"Saya berharap agar acara berjalan lancar. Kami ucapkan terimakasih kepada Kementerian BUMN dan BUMN-BUMN yakni WIKA, Nindya, BKI dan Damri, atas penyelenggaraan kegiatan yang bermanfaat untuk generasi bangsa,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diperoleh Kontan.co.id, Senin (12/8).

Sebelumnya, pada tahapan seleksi yang dilakukan Dikda Sulut, di Sulawesi Utara sendiri telah terpilih siswa/i SMA/SMK/SLB kelas XI di sejumlah Kabupaten dan Kota, di mana satu orang mewakili satu Kabupaten/Kota. Jumlah peserta 20 siswa ditambah tiga orang yang merupakan siswa penyandang disabilitas dan bersekolah di SLB. 

Baca Juga: PLN raih penghargaan Kemendikbud untuk program vokasi siswa SMK

Selebihnya adalah guru berprestasi sebagai pendamping  dan perwakilan dari Diknas. Hari ini (12/8), siswa/i yang terpilih mendapatkan pembekalan untuk kegiatan SMN di Jawa Tengah, termasuk pengenalan empat perusahaan BUMN penanggungjawab BHUN Tahun 2019 Provinsi Sulawesi Utara, pembekalan pengetahuan tentang penulisan pengalaman, reportase dan dunia jurnalistik oleh Kantor Berita Indonesia ANTARA Sulawesi Utara. 

Selanjutnya, Selasa (13/8) diberangkatkan dengan pesawat via Bandara Sam Ratulangi menuju Jawa Tengah untuk mengikuti pembukaan SMN malam harinya bersama peserta SMN dari Jawa Tengah.

Peserta SMN Jawa Tengah, yang dikirim oleh Angkasa Pura 1, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, PTPN IX dan PTPN X, akan tiba pada Rabu (14/8) dan memulai aktifitas SMN di bawah Koordinasi WIKA, Nindya, BKI dan Damri. SMN akan dimulai Kamis (15/8) diawali dengan kegiatan wawasan kebangsaan di Kodim Bolaang Mongondow (Bolmong). 

Baca Juga: Dorong Tumbuhnya Peluang Usaha, IPC Gelar Kelas Kreatif di Pontianak

Mulai hari pertama siswa/i SMN juga diwajibkan menulis diari atau pengalaman selama mengikuti kegiatan SMN. Siswa/i nantinya juga berkesempatan berkunjung ke Bunaken di Pulau Nain, serta tour ke beberapa lokasi yakni Perpustakaan Daerah Jembatan Soekarno, Rumah Kreatif BUMN, Makan Imam Bonjol, Benteng Moraya, Danau Linau, Casa Baio, Pantai Paal, Pantai Surabaya, Manado Independent School, serta belajar bertani di pertanian bunga dan sayuran di Tomohon. 

Peserta juga akan mengikuti kegiatan upacara 17 Agustus bersama dengan BUMN-BUMN se-Sulut dan masyarakat di Singkil, Ternate Baru, Manado. Selain itu, peserta akan diajak mengunjungi kantor cabang atau wilayah kerja WIKA, Nindya, BKI dan Damri di Sulut. Acara SMN akan berakhir dan ditutup pada 20/8 di Hotel Novotel, Manado, dan baru kembali ke Jawa Tengah keesokan harinya.

Baca Juga: Tawaran program pendidikan tenaga digital dari Binar Academy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru