Program keringanan pajak kendaraan berakhir hari ini

Senin, 30 Desember 2019 | 06:46 WIB Sumber: Kompas.com
Program keringanan pajak kendaraan berakhir hari ini

ILUSTRASI. Sejumlah wajib pajak mengurus perubahan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di kantor Samsat Jakarta Utara, di Jakarta Kamis (12/12/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaikkan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dari 10 persen menja


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta yang belum menyelesaikan kewajiban membayar pajak, harap segera mengurusnya. Sebab program keringanan atau diskon pajak masih berlaku sampai Senin, 30 Desember 2019.

Seperti diketahui, Badan Pajak dan Retribusi Daerah ( BPRD) DKI Jakarta memberikan keringanan berupa potongan hingga 50 %, bagi penunggak yang berdomisili di Ibu Kota.

Cara ini dilakukan agar pemilik mobil atau motor yang menunggak pajak dapat segera berinisiatif untuk menunaikan kewajibannya.

Diskon potongan pajak ini diberikan khusus kepada penunggak pajak bea balik nama kendaraan bermotor ( BBN-KB) dan pajak kendaraan bermotor ( PKB) kedua.

Baca Juga: Pemprov DKI blokir ratusan mobil mewah yang pemiliknya catut nama orang lain

Kepala BPRD DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan selain memberikan diskon pajak 50 %, pihaknya juga menghapus sanksi administrasi bagi pemilik kendaraan yang menunggak pajak.

“Wajib pajak yang menunggak PKB dan BBN-KB sejak 2013 sampai 2016 akan diberikan diskon pokok 25 %,” ujar Faisal beberapa waktu yang lalu.

“Untuk piutang pajak sampai dengan 2012 keringanannya 50 %, juga penghapusan sanksi piutang,” katanya.

Ketentuan soal keringanan pajak sebelumnya telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 89 Tahun 2019 tentang Pemberian Keringanan Pokok Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBNKB atas Penyerahan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Kedua Dan Seterusnya Tahun 2019.

Baca Juga: Ini cara mudah mengurus pajak kendaraan bermotor secara online

Sedangkan untuk penghapusan sanksi tertuang di Pergub Nomor 90 Tahun 2019 tentang Pemberian Keringanan Pokok dan Penghapusan Sanksi Administrasi Piutang Pajak Daerah. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan kesempatan ini.

Sebab program keringanan bayar denda pajak kendaraan ini sebetulnya telah berlangsung cukup lama, dari 16 September sampai 30 Desember 2019. (Dio Dananjaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini Terakhir Diskon Bayar Denda Pajak Kendaraan",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru