Purwakarta canangkan 16 desa area wisata

Rabu, 08 Februari 2017 | 23:29 WIB Sumber: Antara
Purwakarta canangkan 16 desa area wisata


PURWAKARTA. Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mencanangkan 16 desa di daerah tersebut sebagai daerah tujuan wisata. Sehingga ini memperbanyak pilihan objek wisata bagi wisatawan.

"Potensi wisata di setiap desa itu berbeda-beda. Ada yang berbasis kuliner, wisata alam, panjat tebing dan wisata air," kata Bupati setempat Dedi Mulyadi, Rabu (8/2).

Ia mengatakan, untuk lebih jelasnya lagi potensi wisata dari setiap desa tersebut akan diinventarisir. Selanjutnya desa-desa tersebut akan ditunjang infrastruktur kepariwisataannya, karena potensi objek wisata itu bersifat heterogen.

Ke-16 desa tersebut di antaranya Desa Pesanggrahan dan Desa Sukamulya di Kecamatan Tegalwaru, Desa Sindang Panon, Desa Cihanjawar, Desa Pesanggrahan dan Desa Cipeundeuy di Kecamatan Bojong, Desa Pusakamulya dan Desa Cibeber di Kecamatan Kiarapedes.

Selain itu, juga Desa Cikumpay dan Desa Cisaat di Kecamatan Campaka, Desa Cibungur dan Desa Bungursari di Kecamatan Bungursari, serta Desa Wanayasa, Desa Raharja, Desa Sumurugul dan Desa Babakan di Kecamatan Wanayasa.

Dedi mengklaim akan segera melakukan penambahan infrastruktur penunjang berupa kemudahan akses jalan dan fasilitas di masing-masing destinasi wisata.

"Lokasi wisata Gunung Parang misalnya, kita tambahkan toilet khusus wisatawan, jadi tidak toilet umum lagi. Fasilitas lain berupa akses jalan dan rumah makan pun segera kita bereskan," katanya.

(M. Ali Khumaini)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru