PVMBG: Waspadai bahaya gas beracun di kawah Gunung Tangkuban Parahu

Senin, 29 Juli 2019 | 15:31 WIB Sumber: Kompas.com
 PVMBG: Waspadai bahaya gas beracun di kawah Gunung Tangkuban Parahu


ERUPSI GUNUNG - BANDUNG. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat mewaspadai gas beracun yang dikeluarkan Kawah Ratu dan Kawah Upas, yang merupakan kawah utama Gunung Tangkuban Parahu. 

“Ancamannya adalah gas vulkanik yang berbahaya, semburan lumpur dan abu tebal,” ujar Kepala PVMBG, Kasbani, saat ditemui di Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu PVMBG, Senin (29/7).

Kasbani mengatakan, pihaknya telah mengukur lima titik di Kawah Ratu dan Upas. Secara visual teramati di dua kawah ini masih mengembuskan asap putih dengan ketinggian 30 meter. 

Meski ada ancaman bahaya gas beracun, Kasbani mengatakan rekomendasi PVMBG masih tidak berubah yakni tidak boleh ada aktivitas kegiata manusia di jarak 100 meter dan bibir kawah dan 500 meter dari pusat kawah. 

“Area parkir masih cukup riskan karena masih ada embusan asap. Makin masuk dalam kawah potensinya semakin besar. Di luar 100 meter gasnya sudah terurai,” ungkapnya. 

“Gunung ini termonitor sangat bagus. Gas beracun masih ada di sekitar kawah, tapi kalau kemungkinan erupsi besar lagi tidak ada,” ujarnya. (Putra Prima Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspadai Bahaya Gas Beracun di Kawah Gunung Tangkuban Parahu"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru