Ratusan hektare kebun sagu, karet dan kelapa di Meranti terbakar akibat karhutla

Kamis, 07 Maret 2019 | 11:17 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Ratusan hektare kebun sagu, karet dan kelapa di Meranti terbakar akibat karhutla


KEBAKARAN LAHAN - PEKANBARU. Ratusan hektar perkebunan milik warga Desa Kebun, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, terbakar akibat dampak kebakaran hutan dan lahan ( karhutla) yang terjadi sejak sepekan terakhir.

Hal itu disampaikan Pj Desa Kebun, Syahroni saat berbincang dengan Kompas.com, Rabu (6/3). "Luas kebun terbakar sekitar 100 hektare (ha), terdiri dari kebun sagu, kelapa dan karet milik warga. Kebanyakan sagu yang terbakar. Tapi sebagian ada hutan dan semak belukar," ungkap Syahroni.

Dia mengaku belum bisa merinci luas masing-masing kebun masyarakat yang terbakar. "Belum bisa dirincikan. Karena belum ada data. Tapi yang jelas ada sekitar 100 ha yang terbakar. Kerugian juga belum dapat ditaksir," kata Syahroni yang baru sekitar dua bulan menjabat sebagai Pj Kepala Desa Kebun.

Namun demikian, pihaknya mengaku akan mencarikan solusi untuk membantu warga untuk kembali mengolah kebun sagu, kelapa dan karet tersebut. "Tentu kita carikan solusinya. Karena penghasilan masyarakat di sini dari sagu, kelapa dan karet," ujarnya.

Syahroni menyebutkan, beberapa waktu lalu pihaknya ada mengajukan permohonan bantuan bibit sagu ke Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 18.000 batang bibit. "Kalau ini disetujui oleh Dinas Perkebunan, ini akan bisa membantu para petani," tuturnya.

Sementara itu, Syahroni mengatakan, kebakaran hutan dan lahan tanah gambut di Desa Kebun sudah berlangsung selama enam hari. Namun, titik api sebagian sudah berhasil dipadamkan, dan dilanjutkan dengan pendinginan.

"Pemadaman titik api kita lakukan bersama TNI, kepolisian, BPBD, PT SRL (Sumatera Riang Lestari), Satpol PP dan dibantu masyarakat kita," sebut Syahroni.

Menurut dia, sejumlah titik api kembali muncul akibat tiupan angin kencang dan cua panas. "Memang ada api yang hidup di lokasi yang terbakar. Di sini kan dekat laut, jadi angin kencang. Kondisi gambut sekarang juga mengering," ujar Syahroni.

Diberitakan sebelumnya, karhutla di Desa Kebun, Kecamatan Rangsang terus meluas. Hingga saat ini, hutan dan lahan yang sedang terbakar sekitar 20 ha, yang bersebelahan dengan perkebunan akasia PT SRL.

Namun, petugas gabungan telah melakukan penyekatan agar api tidak meluas ke hutan maupun lahan lainnya. (Idon Tanjung)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ratusan Hektar Kebun Sagu, Karet dan Kelapa di Meranti Terbakar Akibat Karhutla"
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru