Ridwan Kamil anggarkan Rp 500 miliar, ubah Jawa Barat jadi kota digital

Sabtu, 13 Oktober 2018 | 07:49 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Ridwan Kamil anggarkan Rp 500 miliar, ubah Jawa Barat jadi kota digital

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil


INFRASTRUKTUR DAERAH - BANDUNG. Resmi dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat pada pertengahan September 2018, Ridwan Kamil mulai menunjukkan keseriusannya membangun daerah tersebut.

Gubernur yang sering disapa Kang Emil ini berencana menyulap Jawa Barat menjadi provinsi termaju di bidang teknologi dan digital.

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat mengatakan ke depannya Jawa Barat harus menjadi percontohan sebagai provinsi termaju dalam bidang teknologi dan digital. Untuk itu, pembenahan di setiap daerah akan dilakukan. 

Ditanya soal anggaran, Ridwan mengatakan bahwa realiasi rencana tersebut ditargetkan akan menghabiskan sebanyak Rp 500 miliar. 

“Universitas di Jawa Barat itu banyak dan mumpuni, industrinya juga banyak, namun untuk digital masih ada tantangan dimana orang kota canggih dan orang desa tidak,” ujarnya saat ditemui seusai menjadi pembicara dalam kegiatan Paragon Innovation Summit, Jumat (12/10).

Oleh karena itu, lanjut Ridwan sudah menjadi tugas dari gubernur untuk memastikan dunia digita sampai ke desa-desa salah satunya dengan membentuk badan digital provinsi.

“Nantinya kita akan buat projek desa-desa digital dimana kita akan melatih nelayan dan petani supaya peka terhadap digital hingga era 4.0 ini bisa tersentuh semua daerah,” ujarnya.

Selain itu, kata Ridwan untuk generasi muda juga akan diberikan hadiah yakni gedung innovation center di setiap kota kabupaten yang ada di Jawa Barat.

“Jadi gedung innovation center ini nantinya terdiri dari 2 lantai yang akan difasilitasi produk 4.0 seperti alat-alat canggih yang bisa dimanfaatkan oleh mereka untuk belajar hal baru dan menciptakan suatu karya berbasis digital,” ujarnya.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk keseriusan menjadikan Jawa Barat sebagai percontohan provinsi teknologi dan digital, nantinya juga akan dihadirkan program dewan digital.

“Dengan program ini nantinya segala administrasi dan kegiatan layanan pemerintah daerah akan menggunakan sistem digital,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Narita Indrastiti

Terbaru