Ridwan Kamil: Mohon maaf, warga Jakarta jangan dulu ke Puncak

Rabu, 17 Juni 2020 | 06:04 WIB Sumber: Kompas.com
Ridwan Kamil: Mohon maaf, warga Jakarta jangan dulu ke Puncak

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/ama.


VIRUS CORONA - BANDUNG. Kawasan Puncak Bogor kembali dipadati wisatawan. Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau kepada warga di DKI Jakarta agat menahan diri untuk tidak berlibur ke wilayah Puncak di Kabupaten Bogor. 

"Kita akan mengetes daerah Puncak. Saya imbau warga Jakarta jangan dulu ke Puncak, karena kita amati pergerakan lalin banyak mobil pelat Jakarta. Kami sedang memastikan agar pentahapan pariwisata ini dimulai dari warga lokal dulu, belum warga di luar Jabar," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Mapolda Jabar, Selasa (16/6/2020). 

Baca Juga: Wisatawan mulai serbu kawasan Puncak lewat jalan tikus

Emil akan melibatkan jajaran Polda Jabar untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan di wilayah Puncak Bogor. "Jadi, mohon maaf kami akan melakukan random sampling terhadap orang-orang yang weekend akan datang ke daerah Puncak di Bogor. Akan dikoordinasikan dengan Polda," ujar Emil. 

Selain itu, Emil menuturkan bahwa akan melakukan pengawasan di stasiun KRL mengingat kembali meningkatnya aktivitas masyarakat di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi. 

Baca Juga: Penambahan kasus virus corona paling banyak berada di Jawa Timur pada Selasa (16/6)

Peningkatan jumlah orang itu berkaitan dengan kebijakan pelonggaran aktivitas di wilayah DKI Jakarta. "Jadi random sampling ini di pasar, di daerah pariwisata khususnya Puncak dan di stasiun KRL yang menjadi commuter antara Bogor-Jakarta, Depok-Jakarta, dan Bekasi-Jakarta," ujar Emil. 

Ia menjelaskan, sikap preventif semacam itu perlu dilakukan untuk menjaga tren positif penurunan kasus Covid-19 di Jawa Barat. Selama enam pekan terakhir, angka reproduksi Covid-19 di Jawa Barat selalu di bawah angka 1.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil Minta Warga Jakarta Tidak Berwisata ke Puncak Bogor"
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor : Abba Gabrillin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru