Ridwan Kamil segera bentuk satgas pencemaran limbah sungai

Selasa, 30 Oktober 2018 | 10:00 WIB   Reporter: kompas.com
Ridwan Kamil segera bentuk satgas pencemaran limbah sungai

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil


RIDWAN KAMIL - BANDUNG. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membentuk Satgas penanggulangan pencemaran limbah. Tim itu dibentuk untuk menyikapi maraknya laporan kondisi sungai yang tercemar limbah industri. 

"Terkait Iingkungan hidup kita sedang menyiapkan tim Stagas penanggulangan pencemaran limbah sungai. Karena yang mengotori sungai tidak hanya Citarum, ternyata yang laporan ke kami banyak sekali," ujar Emil, sapaan akrabnya, Senin (29/10) kemarin. 

Emil menuturkan, satgas tersebut punya kewenangan yang sama dengan satgas Citarum, yakni menindak pelaku industri yang terbukti membuang limbah ke sungai. "Tolong disampaikan, Pemprov akan segera membentuk itu nanti akan segera dengan pola grup yang sama dan meneliti sungai di Cileungsi, Sungai Cikeas yang juga sama-sama tercemar. Karena saya melihat ini menjadi pola negatif dari beberapa industri yang tidak bertanggung jawab. Satgas tugasnya sama seperti Satgas Citarum. Jadi melakukan tindakan juga," tuturnya. 

Karena itu, kata Emil, satgas pencemaran limbah juga akan melibatkan anggota TNI dan berbagai komunitas lingkungan. "Jadi TNI akan dilibatkan, komunitas dilibatkan. Pola Citarum ternyata efektif," jelasnya. (Dendi Ramdhani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil Segera Bentuk Satgas Pencemaran Limbah Sungai"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru