Rutan Kabanjahe rusuh, anggota Polisi dan TNI evakuasi tahanan

Rabu, 12 Februari 2020 | 15:58 WIB Sumber: Kompas.com
Rutan Kabanjahe rusuh, anggota Polisi dan TNI evakuasi tahanan

ILUSTRASI. Personel Brimob Polda Riau berjaga di depan Rumah Tahanan Kelas IIB Pekanbaru, Riau, Minggu (16/7).


HUKUMAN PENJARA - TANAH KARO. Sejumlah warga binaan yang menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kabanjahe, Tanah Karo, Sumatra Utara dievakuasi setelah terjadi kebakaran akibat kerusuhan.

Berdasarkan laporan KOMPAS TV, sejumlah polisi dan anggota TNI terlihat mengarahkan penghuni Rutan Kabanjahe ke mobil tahanan Polres Tanah Karo. Tahanan yang dimasukkan ke dalam mobil tampak dibariskan terlebih dahulu untuk dihitung.

Baca Juga: Polisi periksa 7 tahanan terkait kerusuhan di Rutan Siak

Aparat membuat satu jalur evakuasi tahanan untuk mengurangi kemungkinan ada yang kabur. Pencarian tahanan yang kemungkinan masih ada dalam rutan juga berlangsung. Belum ada petugas yang mengkonfirmasi tempat penampungan sementara para penghuni rutan.

Kepala Rutan Kabanjahe Simson Bangun mengatakan, penjara ini menampung 410 warga binaan. Padahal, kapasitasnya hanya untuk 145 orang. Simson juga menyatakan, rutan itu hanya dijaga oleh delapan petugas.

Baca Juga: Pasca-kerusuhan, ratusan napi Rutan Siak dipindahkan dengan pengawalan ketat

Kebakaran di Rutan Kabanjahe terjadi pada Rabu (12/2/2020) sekitar 12.00 WIB. Insiden ini diduga terjadi akibat sejumlah warga binaan yang merusuh karena tidak terima diisolasi setelah tertangkap mengkonsumsi narkoba.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusuh di Rutan Kabanjahe, Polisi dan Anggota TNI Evakuasi Tahanan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru